ANALISIS UNIT COST MAHASISWA DALAM PERENCANAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA PROGRAM PASCASARJANA (PPS) DI UNIVERSITAS TERBUKA

Tita Rosita, Mohamad Nasoha, Suci Madiarti Isman

Abstract


Research on Unit Cost Analysis of Students in Planning Graduate Program In Education Financing (PEF) at the Open University aims to determine the costs of students who take the program PPs-UT, in order to obtain this financing real terms by analyzing three aspects of the unit cost, which is fixed costs (fixed costs), variable cost (variable cost), and opportunity costs are the responsibility of the student. For the long term, the expected results of this study can serve as guidelines and financial planning education for prospective students who wish to continue their education in Distance Education Program in accordance with the Open University Pascasarana UPBJJ-UT character of each area. The research was conducted at UT PPS program, with sample PPs UT students in semester IV. Sampling for this study using proportional random sampling. The method used in this research is descriptive method with qualitative approach. The results showed that the fixed costs (fixed cost) has the same magnitude value for each item to be paid, except for the new student registration fee, examination fee hearing, as well as the cost Thesis Guidance Residential (BTR). For the variable costs, the amount depending on the location of the students are, especially related to tutotial face to face and dependents live. For the opportunity cost (opportunity cost), students feel not lose the opportunity to work during the lecture at UT PPs, because the online college system as well as face to face tutorials (TTM) which was held on Saturday and Sunday do not interfere with their work schedule. Meanwhile, to plan their future education, student education financing plan by setting aside income.

Penelitian mengenai Analisis Unit Cost Mahasiswa Dalam Perencanaan Pembiayaan Pendidikan Pada Program Pascasarjana (PPs) di Universitas Terbuka ini bertujuan untuk mengetahui biaya yang harus dikeluarkan mahasiswa yang mengikuti program PPs-UT, agar didapatkan satuan riil pembiayaan ini dengan menganalisis 3 aspek unit cost, yakni fixed cost (biaya tetap), variable cost (biaya variabel), dan opportunity cost yang menjadi tanggung jawab mahasiswa. Untuk jangka panjangnya, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pedoman dan perencanaan pembiayaan pendidikan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada Pendidikan Jarak Jauh Program Pascasarana Universitas Terbuka sesuai dengan karakter UPBJJ-UT masing-masing wilayah. Penelitian ini dilaksanakan pada program PPs UT, dengan sampel mahasiswa PPs UT pada semester IV. Pengambilan sampel untuk penelitian ini menggunakan proporsional random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya tetap (fixed cost) memiliki besaran nilai yang sama untuk setiap item yang harus dibayarkan, kecuali untuk biaya registrasi mahasiswa baru, biaya ujian sidang, serta biaya Bimbingan Tesis Residensial (BTR). Untuk biaya variabel, besarannya tergantung dari lokasi mahasiswa berasal, terutama terkait dengan tutotial tatap muka dan tanggungan hidup. Untuk biaya kesempatan (opportunity cost), mahasiswa merasa tidak kehilangan kesempatan untuk bekerja selama mengikuti perkuliahan di PPs UT, dikarenakan sistem kuliah online serta tutorial tatap muka (TTM) yang diadakan hari Sabtu dan Minggu tidak mengganggu jadwal pekerjaan mereka. Sementara itu, untuk merencanakan pendidikan mereka ke depan, mahasiswa merencanakan pembiayaan pendidikannya dengan menyisihkan penghasilan.



Keywords


financial planning education; fixed cost; fixed costs; opportunity cost; opportunity costs; perencanaan pembiayaan pendidikan; unit cost; variabel cost; variable cost

Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (1999). Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh: Suatu reformasi pola pikir,Technical paper presented at the seminar pendidikan jarak jauh dalam reformasi pendidikan (seminar on distance education in educational reform), Graduation I-1999 Universitas Terbuka.

Dror, Y. (1975). Definisi perencanaan pendidikan, diundah Maret 2013 dari http://winamartiana.wordpress.com/ 2011/09/25/definisi-perencanaan-pendidikan/

Majidn, Asep. (2007). Tinjauan pustaka: Konsep biaya. Tersedia online: lib.unikom.ac.id/download.php? id=16751. Diunduh April 2013.

Nafarin M. (2004 ). Penganggaran perusahaan. Jakarta: Salemba empat.

Oshima. (2001). Penelitian belajar jarak jauh di international datra corporation (IDC) tahun 1998, diunduh Mei 2013 dari http://kristian-nuki15.blogspot.com/2009/03/pembiayaan-pendidikan-jarak-jauh.html.

Pindyck, Robert S. & Daniel L. Rubinfeld. (2009). Mikroekonomi Jilid 1, Edisi Keenam (terjemahan). Jakarta: Indeks.

Raharja, Pratama dan Mandala Mnurung. (2006). Teori ekonomi mikro: Suatu pengantar (Edisi 4). Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Samuelson & Nordhaus. (2004). Ilmu mikroekonomi. Edisi 17. Jakarta: Media Global Edukasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan