IMPLEMENTING PRACTICAL SKILLS IN A DISTANCE LEARNING OF AGRIBUSINESS STUDY PROGRAM AT UNIVERSITAS TERBUKA

Pepi Rospina, Ida Malati Sadjati

Abstract


Program Studi Agribisnis di Universitas Terbuka, dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang penyuluhan dan komunikasi agribisnis. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah menyusun sebuah kurikulum yang mendorong terbentuknya hard skill dan soft skill lulusan yang relevan dengan tuntutan kompetensi program studi. Hard skill yang akan dimiliki lulusan merupakan aplikasi materi, metode serta evaluasi penyuluhan berbasis agribisnis yang nantinya akan diterapkan di lapangan, yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan sasarannya. Sementara softskill yang perlu dikuasai lulusan meliputi kemampuan-kamampuan berkomunikasi, bekerjasama dalam tim, kepemimpinan, dan kemampuan pemecahan masalah. Program Studi Agribisnis mengakomodasi pencapaian kompetensi tersebut dengan memasukkan beberapa mata kuliah berpraktikum di dalam kurikulumnya. Hal-hal yang dikaji dalam tulisan ini meliputi perbandingan pengelolaan penyelenggaraan praktikum antara program Penyuluhan Pertanian dan Agribisnis, termasuk kekuatan dan kelemahan masing-masing, berbagai kendala yang terjadi, serta peluang-peluang yang dapat diambil untuk memperbaiki penyelenggaraan praktikum. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengelolaan penyelenggaraan praktikum PS Agribisnis pada prinsipnya masih mengadopsi dari pengelolaan penyelenggaraan praktikum yang digunakan Program Studi D3 Penyuluhan Pertanian, dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada. Satu hal yang perlu diupayakan ke depannya adalah terbentuknya panduan praktikum yang jelas, serta pembinaan kerja sama dengan instansi lain guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan praktikum.

The Agribusiness Study Program at Universitas Terbuka, the Indonesian Open University, was created with the goal of producing graduates who are competent in the field of extension and communication of agribusiness. One way to achieve this goal is to create a curriculum that develops competencies in both hard and soft skills that are relevant to the professional demands of graduates. Hard skills to be acquired include the application of methods and skills of agricultural extension that will be applied in the field. Soft skills include competencies such as the ability to communicate, work in teams, leadership, and problem-solving. The Agribusiness Study program allows graduates to acquire key competencies by incorporating some practical courses in its curriculum. This presentation will describe the comparison of practical implementation of the Management between an Agricultural Extension Study Program and the Agribusiness Study Program. The topics discussed in this presentation will address the implementation of practical management skills in the Agricultural Extension and Agribusiness Study Programs, including strengths and weaknesses, various obstacles, and how the obstacles were overcome. The result of study shows that the managing of the practical implementation of PS Agribusiness basicly can be done independently as long as the equipments can be provided as the need in field.


Keywords


agribisnis; agribusiness; distance education; extension agriculture; pendidikan jarak jauh; penyuluh pertanian

Full Text:

PDF

References


Bloom, B. S., et al. (1956). Taxonomy of educational objectives: Handbook 1, cognitive domain. New York: David McKay.

Budiwati, Y. (2007). Pengaruh pengelolaan tutorial online terhadap partisipasi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8 (1),54-67

FMIPA -UT. (2000). Petunjuk teknis penyelenggaraan program studi Penyuluhan Pertanian Diploma-III. Jakarta: Universitas Terbuka

FMIPA-UT. (2004). Studi kelayakan pembukaan program Sarjana (S1) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Harijati, S. (2001). Model kolaborasi untuk penyelenggaraan praktikum dalam Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 2 (1),33-42

Suparman, A. (2004). Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek. Jakarta: Universitas Terbuka.

Schlosser, L., & Simonson, M. (2009). Distance education: Definition and glossary of terms (3rd ed.) Charlotte, NC: Information Age Publishing.

Romlah, O. (2009). Peranan praktikum dalam mengembangkan keterampilan proses dan kerja laboratorium. Diambil 27 Januari 2011 dari: http://file.upi.edu/Direktori/

Rustaman, N. (2010). Peranan Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Diambil 30 Desember 2010, dari: http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN%20IPA/ 195012311979032%20

Universitas Terbuka. (2011). Diambil 23 Maret 2011 dari: http://www.ut.ac.id/tentang-ut.html [23 Maret 2011)

Wedemeyer, C.(1981). Learning a the backdoor. Madison, WI: University of Winconsin Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.