Main Article Content

  • Muh. Fatkhul Ma’arij
    SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten

Abstract

The purpose of this study is to obtain information about learning through the ability of inquiry in tracing how scientists discover fluid laws, and how to avoid  misconception in understanding the law of Archimedes in particular and fluid in general. This research was conducted in class XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tangerang by integrating project Based Learning Model (PjBL), and the topic is about fluid. The competence measured includes  analyzing the relationship of laws in static and dynamic fluids, and their application in everyday life. The results showed, there is an increase in the understanding of learners in learning


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang hasil belajaryang diperoleh peserta didik melalui kemampuan inkuiri dalam menelusuri bagaimana ilmuwan menemukan hukum-hukum fluida. Sehingga tidak terjadi miskonsepsi dalam memahami hukum Archimedes pada khususnya dan fluida pada umumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA N 11 Kabupaten Tangerang dengan mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pokok bahasan fluida, berorientasi pada kompetensi dasar: menganalisis hubungan hukum-hukum dalam fluida statis dan fluida dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan pemahaman peserta didik dalam mempelajari fluida.

Keywords

Fluid, Fluida, Hasil Belajar, Learning Outcomes, Miskonsepsi Fisika dan Persepsi Peserta Didi, Physical Misconceptions and Student Perceptions, Project Based Learning (PjBL), Project Based Learning (PjBL)

References

Barke, Al Hazhari, Sirenti Barek. (2009). Misconceptions in physic, Springer, Berlin Heindelberg.

Depdikbud. (2016). Modul Guru Pembelajar. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

http://www.edutopia.org/prject-based-learning-guide-implementation.( 02/06/2014)

Hamid Soleh. (2011). Metode Edutainment. Diva Press. Jogyakarta.

Haryati, M. (2013). Model Teknik Penilaian, Referensi. Jakarta.

IKIP Yogya. (1997). http:// www. Yahoo.com // praktik.

Jufri Wahab. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Pustaka Rieka Cipta. Bandung.

Nakhleh, M.B. (1993). Why Some Students Don’t Learn Physic: Physic Misconception. Journal of physic Education, 69, 191-196.

Prayekti & Irwanof. (2016). Konstruktivisme Dalam Pembelajaran, Universitas Terbuka, Jakarta.

Roestiyah, N.K. (1998). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sagala Saiful, (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran, Alfa Beta. Bandung.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Subagya Hari, (2015). Fisika SMA kelas XI. Bumi Aksara. Jakarta.

Suryanti D.R. (2011). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol 17 No 5, hal 559.

Article Sidebar

Published Feb 2, 2018
How to Cite
MA’ARIJ, Muh. Fatkhul. EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN FLUIDA. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 25-41, feb. 2018. ISSN 2443-3586. Available at: <http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/589>. Date accessed: 25 feb. 2018.
Section
Articles