Main Article Content

  • Ifah Arifah

Abstract

This study is conducted to analyse the partial and simultaneous effect of professional allowance and teacher competence on teacher performance of elementary school teachers. Data is collected using questionnaire sent to 174 elementary school teachers who received professional allowances. Analysis statistic was done usingmultiple linear regression. Result of research indicate that professional allowance and teacher competence partially has positif and significant effect on teacher performance. Simultaneously, professional allowance and teacher competence have a positive and significant effect on teacher performance, and predicts 87,4% of teacher performance,  with the regression equation Y = 42,561 + 0,653X1 + 0,853X2.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partial dan simultan tunjangan profesi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru SD. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 174 guru sekolag dasar yang telah menerima tunjangan profesi guru. Data analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunjangan profesi dan kompetensi guru, secara partial, mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Demikian pula secara simultan, tunjangan profesi dan kompetensi guru mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, dan memberi kontribusi sebesar 87,4%, dengan persamaan regresi  = 42,561 + 0,653X1 + 0,853X2.

Keywords

kinerja guru, kompetensi guru, professional allowance, teacher competence, teacher performance, tunjangan profesi

References

Hamzah B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. (2013). Guru Professional: Implementasi Kurilulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Grup.

Kusmianto. (2013). Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni Luh Sri Kasih. (2013). Pengaruh Kepribadian Tugas terhadap Budaya Organisasi dan Kinerja Guru SD di Singaraja dan Mangupura. Bali: Universitas Udayana.

Nurdin. (2014), Kiat Menjadi Guru Profesional, Yogyakarta: Primashopie.

Pradana Firly Anoraga & Djuli Djatiprambudi. (2012). Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Terhadap Kinerja Guru Seni Budaya SMP Di Kabupaten Trenggalek. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sahertian. (2014). Manajemen Bebrasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Saud, Udin S. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alpabeta.

Suparlan. (2016). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hidayat.

Suryana Yusep. dkk. (2013). Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Surakarta: Rizki Aulia & Serang: PGRI Provinsi Banten.

Tabrani Rusyan dkk. (2012). Peningkatan Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Peneliti Balitbang Kota Medan. (2013). Dampak Pemberian Tunjangan Sertifikasi terhadap Kinerja Guru SD, SMP, SMA di Kota Medan. Medan: Balitbangdikbud.

Usman. (2012). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Sidebar

Published Apr 12, 2018
How to Cite
ARIFAH, Ifah. PENGARUH TUNJANGAN PROFESI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CIRUAS. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 1-11, apr. 2018. ISSN 2443-3586. Available at: <http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/622>. Date accessed: 21 apr. 2018.
Section
Articles