Main Article Content

  • Herwati Dwi Utami
    Universitas Terbuka
  • Yanti Hermawati
    Universitas Terbuka

Abstract

Virtual Reading Room (RBV) and Digital Learning Materials (BA Digital) are one form of learning service provided by the Universitas Terbuka (UT). RBV and BA digital are digitizations of the Main Material Book (BMP) developed to help students read modules through the internet network. The existence of RBV and BA digital is expected to assist the students learning process, independently, even for students living in  remote area. This study describes the benefits, as well as the limitations of RBV and BA digital according to students perspective from 17 regional office (UPBJJ-UT)  in Indonesia and overseas. This study is written based on quantitative descriptive approach. The findings shows that  99% of respondents are aware of the existence of RBV and BA digital. Half of the respondents knew these two digital teaching materials from UT's website. The 53% respondents studied RBV and BA digital for less than 30 minutes, and more than sixty percent of the respondents accessed and used it during the tutorials.


Ruang Baca Virtual (RBV) dan BA digital merupakan salah satu bentuk layanan belajar yang disediakan oleh Universitas Terbuka (UT). RBV dan BA digital merupakan digitalisasi dari Buku Materi Pokok (BMP) yang dikembangkan untuk membantu mahasiswa membaca modul melalui jaringan internet. Dengan adanya RBV dan BA digital diharapkan dapat membantu proses pembelajaran secara mandiri dan jarak jauh bagi mahasiswa UT. Artikel ini akan memaparkan tentang manfaat RBV dan BA digital dalam perspektif mahasiswa pada 17 UPBJJ-UT (Indonesia dan Luar Negri), sehingga dapat diketahui kelebihan dan kelemahannya. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang yang diperoleh diketahui bahwa 99% responden telah mengetahui adanya RBV dan BA digital. Setengah dari jumlah responden mengetahui kedua bahan ajar digital tersebut dari laman website UT. Sebanyak 53% responden mempelajari RBV dan BA digital selama kurang dari 30 menit, dan lebih dari 60 persen responden mengaksesnya saat tutorial.

Keywords

bahan ajar digital, digital learning material, distance education, pendidikan jarak jauh, ruang baca virtual, virtual reading room

References

Julaeha, S. (2015). Sistem Informasi Dalam Pengelolaan Bahan Ajar dan Bahan Ujian dalam buku Perspektif Sejarah dalam Universitas Terbuka di Era Informasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Katalog Universitas Terbuka. (2016). Kurikulum Program Non Pendas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suparman, Atwi. & Zuhairi, A. (2004). Pendidikan Jarak Jauh: Teori dan Praktek. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wahyono, E. (2015). Layanan Perpustakaan Digital UT Dalam Perspektif Sejarah Dalam Universitas Terbuka di Era Informasi. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Yunus, Mohamad & Paulina Pannen. (2004). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Dalam Assandhimitra (Ed.). Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Article Sidebar

Published Apr 12, 2018
How to Cite
UTAMI, Herwati Dwi; HERMAWATI, Yanti. RUANG BACA VIRTUAL (RBV) DAN BAHAN AJAR (BA) DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 21-30, apr. 2018. ISSN 2443-3586. Available at: <http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/655>. Date accessed: 21 sep. 2018.
Section
Articles