Main Article Content

  • Eni Susilawati
    Pustekkom Kemendikbud

Abstract

The research objective is to analyze the impact of the participation of online  ICT teacher training to increase the number of accessibility the learning content of features in Rumah Belajar. This research used the quantitative research approach with descriptive quantitative analysis methods to be able to describe how the increase in accessibility features of Rumah Belajar and utilization in learning in school. Samples were selected in this study are all online training participants at 15 locations online training that has been conducted by Pustekkom in 2015 and 2016 in 2015. The data was collected using a questionnaire and a list of open questions in accordance with the purpose of research. The results showed that 1) online ICT teacher training participants, after completing the Pustekkom  training online  using become more motivated to access other feature in Rumah Belajar; 2) The order of the percentage of the intensity level of accessibility to the other features of Rumah Belajar are: Sumber Belajar 23%, BSE 23%, Bank Soal 21%, Kelas Maya 13%, Lab Maya 6%, Karya Guru 4%, Wahana Jelajah Angkasa 4%, Peta Budaya 4% and Karya Komunitas 2%, and ICT training online using the application PKB Rumah Belajar can be used as a reference for efforts to develop a web-based learning applications, in particular for the development of Rumah belajar portal belongs Pustekkom Kemendikbud.


Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis dampak keikutsertaan diklat online  TIK guru Belajar terhadap peningkatan jumlah aksebilitas konten pembelajaran pada fitur-fitur rumah belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis kuantitatif secara deskriptif untuk bisa menggambarkan bagaimana peningkatan aksesbilitas fitur-fitur rumah belajar dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di sekolah. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah semua peserta diklat online  pada 15 lokasi diklat online yang telah dilaksanakan oleh Pustekkom pada tahun 2015 dan 2016. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan daftar pertanyaan terbuka sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peserta diklat online TIK Guru, setelah mengikuti diklat online Pustekkom, menjadi lebih termotivasi untuk mengakses fitur-fitur lainnya dalam Rumah Belajar; 2) Urutan prosentase tingkat intensitas aksesbilitas terhadap fitur-fitur Rumbel selain Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah: Sumber Belajar 23%, Buku Sekolah Elektronik (BSE) 23%, Bank Soal 21%, Kelas Maya 13%, Lab Maya 6%, Karya Guru 4%, Wahana Jelajah Angkasa 4%, Peta Budaya 4% dan Karya Komunitas 2%; dan 3) diklat online TIK menggunakan aplikasi PKB. Rumah belajar bisa dijadikan referensi bagi upaya pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis web, khususnya bagi pengembangan portal Rumah Belajar milik Pustekkom Kemendikbud.

Keywords

analisis kuantitatif, diklat online TIK, Features of Rumah Belajar, fitur, ICT online training, Pustekkom, Rumah Belajar, the quantitative analysis

References

Gaible, E. & Burns, M. (2005). Using Technology to Train Teachers: Appropriate Uses of ICT for Teacher Professional Development in Developing Countries. Washington, DC: infoDev/World Bank.

https://belajar.kemdikbud,go.id/.

Martiningsih, R Roro. (2014). PTK:Peningkatan Hasil Belajar Pola bilangan Dengan Aplikasi iSpring. Jurnal Teknologi Pendidikan Kwangsan, Vol 2, No.2, Desember 2014, pp. 137-139.

Molinda, M. (2005). Technology and Media For Learning. Ohio: New Jersey Colombus.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan CV. Alfabeta.

Pannen, P., Yunus, M., & Prakoso, T. (2003). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Bahasa Indonesia. Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VIII, Pusat Bahasa, Jakarta, 14-17 Oktober 2003.

Phan Van Que. (2007). Open and Distance Education in Vietnam. Southeast Asian Journal on Open and Distance Learning, V(3).

Pustekkom. (2015). Laporan Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran secara Online melalui Portal Rumah Belajar (Dokumen). Jakarta: Pustekkom.

Pustekkom. (2016). Laporan Uji Petik Pemanfaatan Produk dan Layanan Pustekkom. Jakarta: Pustekkom.

Suryadi, Ace. (2007). Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 1, Maret 2007, pp. 83-98.

Webster, L. & Murphy, D. (2008). Enhancing Learning through Technology: Challenges and Responses. Dalam R. Kwan, R. Fox, F. T. Chan, & P. Tsang Ed.), Enhancing Learning through Technology: Research on Emerging Technologies and Pedagogies, pp. 1-16. Singapore: World Scientific.

Article Sidebar

Published Sep 23, 2018
How to Cite
SUSILAWATI, Eni. ANALISIS DAMPAK PROGRAM DIKLAT ONLINE TIK GURU PUSTEKKOM TERHADAP AKSESBILITAS KONTEN PEMBELAJARAN PADA FITUR RUMAH BELAJAR. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 84-103, sep. 2018. ISSN 2443-3586. Available at: <http://jurnal.ut.ac.id/index.php/JP/article/view/687>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Section
Articles