PENDAMPINGAN DAN PENGUATAN FORUM TBM JAWA BARAT SEBAGAI SITUS KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Fauzi Abdillah Universitas Negeri Jakarta
  • Yasnita Universitas Negeri Jakarta
  • Andri Universitas Negeri Jakarta
  • Farhan Fahrezi Universitas Negeri Jakarta
  • Helen Simanjuntak Universitas Negeri Jakarta
  • Chanisa Putri Tertia Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Rohman Tarigan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i2.2217

Keywords:

pendampingan hukum, forum tbm, situs kewarganegaraan, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

This activity aims to provide assistance on legal issues such as the completeness of letters and permits required for Taman Bacaan Masyarakat (TBM) in West Java in order to sustain their existence and optimize utilization. Many TBMs in West Java struggle to optimize their social movements due to a lack of financial support and an understanding of legal issues. Providing a space for dialogue, counseling, and mentoring is central to this program in supporting the optimization of the TBM Forum's role as a citizenship site that also supports the National Literacy Movement in the community. The activity method is divided into four stages: first, analyzing problems and determining primary steps with the TBM Forum, second, planning the implementation of implementation, third, mentoring and counseling via conference technology, and fourth, evaluation and next steps. This activity generates publications in the form of YouTube videos, news releases, and Intellectual Property Rights that support activities.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengurai pendampingan atas permasalahan legalistik seperti kelengkapan surat dan izin yang diperlukan Taman Bacaan Masyarakat di Jawa Barat untuk mendukung eksistensi dan optimalisasi perannya. Banyak TBM di Jawa Barat mengalami keterbatasan dukungan dana dan pemahaman aspek legalistik untuk mengoptimalkan gerakan sosialnya tersebut. Dalam mendukung optimalisasi peran Forum TBM sebagai situs kewarganegaraan yang juga turut mendukung Gerakan Literasi Nasional di masyarakat, maka penyediaan ruang dialog, penyuluhan, dan pendampingan menjadi sentral dalam program ini. Metode kegiatan dibagi menjadi tiga tahap, pertama menganalisis permasalahan dan menentukan langkah primer bersama Forum TBM, kedua merencanakan teknis pelaksanaan pendampingan, ketiga pelaksanaan pendampingan serta penyuluhan secara dialogis melalui teknologi konferensi, dan keempat evaluasi dan penentuan langkah selanjutnya. Kegiatan ini menghasilkan publikasi dalam bentuk rekaman video di Youtube, rilis berita, dan Hak Kekayaan Intelektual yang menunjang keberlanjutan kegiatan.

References

Abdillah, F. (2015). Pengembangan Keterlibatan Warga Negara Melalui Penggalangan Dana Online Untuk Memupuk Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

CCE. (1994). National Standards for Civics and Government. California: Calabasas.

De Groot, J. I., & Steg, L. (2009). Morality and prosocial behavior: The role of awareness, responsibility, and norms in the Norm Activation Model. Journal of Social Psychology, 425-449.

Ehrlich, T. (2000). Civic responsibility and higher education. Phoenix, AZ: Greenwood Publishing Group.

Kaiser, F. G., & Shimoda, T. A. (1999). Responsibility as predictor of ecological behaviour. Journal of Environmental Psychology, 243-253.

Sarnapi. (2021, Februari 25). Taman Bacaan Masyarakat Keluhkan Harus Urus Berbagai Izin. FTBM: Ini Lembaga Kecil Non Profit. Retrieved from Jurnal Soerang: https://jurnalsoreang.pikiran-rakyat.com/bandung/pr-1011494360/taman-bacaan-masyarakat-keluhkan-harus-urus-berbagai-izin-ftbm-ini-lembaga-kecil-non-profit

Schneider, J. A. (2007). Connections and Disconnections Between Civic Engagement and Social Capital in Community-Based Nonprofits. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 572-597.

Scott, Z., & Serek, J. (2014). Ethnic Majority and Minority Youths' Ascription of Responsibility for Solving Current Social Issues: Links to Civic Participation. Journal of Adolescent Research, 1-33.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Triatmojo, D. (2020, Juli 24). Kemendikbud: Taman Baca Tidak Perlu Izin Operasional. Retrieved from Tribunnews.com: https://www.tribunnews.com/nasional/2020/07/24/kemendikbud-taman-baca-tidak-perlu-izin-ope

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Zuckerman, M., Siegelbaum, H., & Williams, R. (1977). Predicting helping behavior: Willingness and ascription of responsibility. Journal of Applied Social Psychology, 295-299.

Downloads

Published

2022-09-26

Issue

Section

Articles