KESEHATAN MASYARAKAT TERINTEGRASI MELALUI POSYANDU REMAJA DI DESA KABUBU

Authors

  • Nurliah Nurliah Universitas Mulawarman
  • Uni W Sagena Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2974

Keywords:

kader kesehatan remaja, posyandu remaja, remaja

Abstract

Posyandu remaja merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja untuk meningkatkan derajat kesehatan dan keterampilan hidup sehat remaja. Sasaran pelaksanaan kegiatan Posyandu Remaja adalah remaja usia 10-18 tahun, laki-laki dan perempuan dengan tidak memandang status pendidikan dan perkawinan termasuk remaja dengan disabilitas. Sedangkan sasaran petunjuk pelaksanaan adalah petugas kesehatan, pemerintah desa, pengelola program remaja, keluarga dan masyarakat serta kader kesehatan remaja. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KKN Individu dan dilaksanakan pada bulan 4 Juli-14 Agustus 2021 di Desa Kabubu, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah,Provinsi Sulawesi Barat. Metode  pelaksanaan meliputi sosialisasi melalui pendekatan internal dengan petugas kesehatan dan pendekatan eksternal kepada pihak desa, lalu mengumpulkan beberapa remaja aktif dan diminta kesediaannya menjadi pengurus di Posyandu Remaja. Hasil dari kegiatan ini adalah terbentuknya Kader Kesehatan Remaja di Desa Kabubu sehingga berdampak keaktifan remaja dan tumbuhnya pemahaman remaja tentang  kesehatan tubuh dan mental yang terintegrasi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan derajat kesehatan remaja di Desa Kabubu.

Author Biographies

Nurliah Nurliah, Universitas Mulawarman

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Uni W Sagena, Universitas Mulawarman

Fakultas Kesehatan Masyarakat

References

Dipokusumo, Bambang., Sukartono., Fauzi, Taufik., Kusumo, Bambang Hari., (2018). Penyusunan Master Plan Kawasan Pertanian Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, https://distanbun.ntbprov. go.id/.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Standar Nasional Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Posyandu Remaja. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Nurasiah, Ai. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Kader Sebagai Upaya Optimalisasi Posyandu Remaja Di Desa Bayuning Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, IAKMI, Volume 1, No. 2. https://doi.org/10.46366/ijkmi.1.2.75-80.

Presiden Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009.

Profil Desa Kabubu Tahun 2020.

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles