TEKNOLOGI TEPAT GUNA AQUAPONIK

Authors

  • Rinda Noviyanti Universitas Terbuka
  • Mutimanda Dwisatyadini Universitas Terbuka
  • Ila Fadila Universitas Terbuka
  • Susi Sulistiana Universitas Terbuka
  • Endang Indrawati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2990

Keywords:

lahan, aquaponik, ikan, sayur

Abstract

Saat ini lahan untuk budidaya ikan dan tanaman makin terbatas. Padahal kebutuhan pangan yang sehat untuk keluarga dan anak-anak merupakan suatu keharusan. Ditambah lagi pandemi yang melanda negara kita, yang secara otomatis mengurangi penghasilan sebagian besar orang tua, maka dibutuhkan alternatif penyediaan bahan pangan. Berdasarkan hasil survey di lapangan ditemukan bahwa masih banyak siswa yang jumlah konsumsi ikan dan sayurannya masih sangat kurang. Selain itu, guru dan orang tua murid sebagian besar berpenghasilan terbatas, sehingga tidak bisa menyiapkan menu makan secara lengkap. Solusi yang ditawarkan oleh tim pelaksana IbM adalah melakukan transfer ipteks dan memberikan keterampilan penerapan Teknologi Tepat Guna Aquaponik dengan memanfaatkan halaman sekolah dan pekarangan rumah yang terbatas. Aquaponik merupakan sistem budidaya yang menggabungkan tanaman dan ikan dalam satu wadah. Proses dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan yang apabila dibiarkan di dalam kolam akan menjadi racun bagi ikannya. Lalu tanaman akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengurai zat racun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan. Dengan diberikannya keterampilan pemanfaatan teknologi tepat guna tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru, orang tua murid dan juga murid. Manfaat bagi guru dan orang tua murid adalah bisa menyiapkan ikan dan sayuran yang segar dari hasil usaha sendiri, sedangkan untuk siswa memberikan dampak untuk lebih senang makan ikan dan sayur.

Author Biographies

Rinda Noviyanti, Universitas Terbuka

Program Studi Agribisnis Jurusan Pertanian Fakultas Sains dan Teknik

Mutimanda Dwisatyadini, Universitas Terbuka

Program Studi Biologi Jurusan MIPA Fakultas Sains dan Teknik

Ila Fadila, Universitas Terbuka

Program Studi Agribisnis Jurusan Pertanian Fakultas Sains dan Teknik

Susi Sulistiana, Universitas Terbuka

Program Studi Biologi Jurusan MIPA Fakultas Sains dan Teknik

Endang Indrawati, Universitas Terbuka

Program Studi Agribisnis Jurusan Pertanian Fakultas Sains dan Teknik

References

Sugiatmi & Handayani Dian Rini. (2018). Faktor Dominan Obesitas pada Siswa Sekolah Menengah Atas di Tangerang Selatan Indonesia. Jurnal Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol. 14, No. 1, Januari 2018.

Wiguna, Imam. (2015). Panen Ganda Aquaponic dalam Trubus 549. Edisi Agustus 2015/ XLVI:11-19, Depok.

http://pplhselo.or.id/berita/olah-limbah-untukaquaponic.htm. Diakses pada 3 September 2021.

https://www.niagaberita.com/2018/09/cara-kerja-aquaponik.html. Diakses pada tanggal 3 September 2021.

https://www.ayomenanam.net/2018/06/kelebihan-dan-kekurangan-budidaya-pertanian-dengan-aquaponik.html. Diakses pada tanggal 5 September 2021.

Downloads

Published

2022-03-23

Issue

Section

Articles