Strategi Pola Asuh Keluarga Sebagai Pendamping Anak pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

(Studi Kasus Keluarga di Desa Kelanir Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat)

Authors

  • Rita Hermawati
  • Ika Wijayanti Universitas Mataram
  • Muhammad Arwan Rosyadi

DOI:

https://doi.org/10.33830/humaya.v1i2.2236.2021

Abstract

Penelitian ini berjudul “Gaya Parenting dalam Pembelajaran Online Anak Selama Pandemi Covid-19” (Studi Kasus Desa Kelanir, Seteluk, Kabupaten Sumbawa Barat). Desa Kelanir merupakan desa terpencil yang terletak di balik perbukitan. Oleh karena itu, sulit untuk mendapatkan sinyal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola asuh dalam pembelajaran online anak di era covid-19. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber (Tindakan rasional-bertujuan, tindakan rasional-nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional). Metode penelitian ini adalah studi kasus kualitatif. Informan Partisipan adalah orang tua yang memiliki anak SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan pola asuh. Sebelum pandemi covid-19, orang tua menerapkan tiga pola asuh yaitu permisif, otoriter, dan demokratis. Namun, orang tua mengubah pola asuh menjadi pola asuh otoriter dan demokratis hanya dalam proses pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Tantangan parenting selama pembelajaran online adalah kesulitan sinyal, kurangnya pengetahuan, dan masalah waktu.

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48. https://bit.ly/3wNglNa

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152-159. https://bit.ly/3g9LSTo

Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. PT Adhitya Andrebina Agung.

Ghony, Djunaidi M & Almanshur, Fauzan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13. https://bit.ly/3a3lzKW

Hayati, N. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pendemi di Pondok Pesantren Darunajah 2 Bogor. Resiprokal: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 151-159. https://bit.ly/2RqXmI6

Khalimah, S. N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di MI Darul Ulum Pedurungan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. https://bit.ly/3t54uaZ

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241-256. https://bit.ly/3mLBsLi

Lestanata, Y., Zitri, I., & Susiana, S. (2020). Strategi Pemerintah dalam Pelaksanaan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong di Desa Kelanir Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2017. Jiap: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), 378-386. https://bit.ly/3mBpuUr

Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Prenadamedia Group.

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558. https://bit.ly/2RiSlkC

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Modern. Pustaka Pelajar.

Sriwathini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan Mahasiswa Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pendemi Covid-19. Resiprokal: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184-191. https://bit.ly/3tc4HJp

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 48-59.https://bit.ly/3taXrO5

Wirawan, I. B. (2012).Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. Prenadamedia Group.

Zuriah, Nurul. (2006). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-12-05

How to Cite

Rita Hermawati, Wijayanti, I., & Rosyadi, M. A. (2021). Strategi Pola Asuh Keluarga Sebagai Pendamping Anak pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus Keluarga di Desa Kelanir Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat). Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 1(2), 116–125. https://doi.org/10.33830/humaya.v1i2.2236.2021

Issue

Section

Articles