Fenomena Centang Biru Instagram: Analisis Masyarakat Konsumsi dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard

Authors

  • Andri Yanto Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung
  • Faidatul Hikmah Faculty of Law, Bangka Belitung University

DOI:

https://doi.org/10.33830/humaya.v3i2.6236

Keywords:

Centang Biru, Masyarakat Konsumen, Hiper-realitas, Instagram, Simulakra

Abstract

Penelitian ini menelisik fenomena “centang biru” di Instagram dari perspektif simulakra yang dikemukakan oleh filsuf Perancis Jean Baudrillard. Fenomena centang biru menandakan keaslian sebuah akun dan telah menciptakan dampak yang signifikan dalam masyarakat konsumen saat ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dengan beberapa pengguna Instagram yang memiliki akun centang biru, serta analisis konten dan interaksi dalam platform. Wawancara mendalam memberikan kesempatan kepada partisipan untuk mendiskusikan secara terbuka persepsi mereka tentang fenomena centang biru, alasan menginginkannya, dan bagaimana hal tersebut berkaitan dengan citra dan status sosial mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena centang biru di Instagram merefleksikan bagaimana masyarakat konsumen terlibat dalam proses simulakra. Para partisipan menyatakan bahwa mereka menganggap centang biru sebagai simbol prestise dan status sosial di dunia maya. Banyak dari mereka yang mengasosiasikan kesuksesan dan popularitas melalui centang biru, meskipun pada awalnya tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memverifikasi keaslian akun publik. Penelitian ini juga menemukan bahwa fenomena centang biru berkaitan dengan presentasi diri di media sosial. Para partisipan menyatakan bahwa mereka cenderung memanipulasi citra mereka untuk menciptakan representasi diri yang diinginkan di depan para pengikut dan audiens mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa fenomena centang biru di Instagram mencerminkan kecenderungan masyarakat konsumen yang lebih mengutamakan representasi dan citra diri ketimbang realitas. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam dan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai persepsi dan pengalaman individu terkait fenomena sosial di era media sosial yang semakin dominan.

References

Alfi’ah, F. R., Rahman, A., & Nurcahyono, O. H. (2020). Hiperrealitas Konsumsi Tanda Dan Makna Pada Trending Fashion Jilbab Oleh Mahasiswi. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 197–209. https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.1151

Apriliani, A., Oemiati, S., & Furisari, P. (2023). Hierarki Kebutuhan Tokoh Sou Sakura Dalam Drama Silent Psikoanalisis Abraham Maslow. Prosiding Dinamika dan Tantangan Kajian Linguistik dan Sastra.

Astuti, Y. D. (2015). Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual: Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial. Jurnal Komunikasi Profetik, 08(2).

Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147–166. https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.15925

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial:Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.101

Gego, B. E. (2023). Hiperealitas Dalam Konsumsi Tanda PadaPengguna Fashion Bertema Ganja di Surabaya. Paradigma, 12(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/56688

Haryono, C. G. (2020). Kepalsuan Hidup Dalam Hiperrealitas Iklan. Profetik: Jurnal Komunikasi, 12(2), 232. https://doi.org/10.14421/pjk.v12i2.1662

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=yz8KEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA216&dq=related:EXNx43RgAFwJ:scholar.google.com/&ots=snCc5OyQcW&sig=osp_Peoh5ufaaAyIch2FBBOyU5s&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mahyuddin. (2017). Social Climber Dan Budaya Pamer: Paradoks Gaya Hidup Masyarakat Kontemporer. Kajian Islam Interdisipliner, 2(2). https://doi.org/10.14421/jkii.v2i2.1086

Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital Terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi Ekonomi. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 6(2). https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i2.3801

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.22759

Nugrahenny, T. T. (2018). Menyingkap Mekanisme Tanda di Balik Hiperrealitas Tren Hijab (Analisis Semiotika pada Fenomena Tren Hijab). Jurnal Komunikasi Indonesia, 5(1), 16–28. https://doi.org/10.7454/jki.v5i1.8317

Oktavianingtyas, I., Seran, A., & Sigit, R. R. (2021). Jean Baudrillard dan Pokok Pemikirannya. PROPAGANDA, 1(2), 113–121. https://doi.org/10.37010/prop.v1i2.258

Resubun, I. (2017). Dampak Negatif Kapitalisme Global Bagi Kehidupan Manusia Modern. Jurnal Agama dan Kebudayaan, 15(1).

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 11(2), 247. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.7177

Ulfah, R., Ratnamulyani, I. A., & Fitriah, M. (2017). fenomena penggunaan foto outfit of the day di instgram sebagai media presentasi diri (Suatu Kajian Komunikasi Dalam Pendekatan Dramaturgi Erving Goffman). JURNAL KOMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.193

Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. SIMULACRA: JURNAL SOSIOLOGI, 1(2). https://doi.org/10.21107/sml.v1i2.4995

Widiyanti, E. (2020). Identitas Diri Dan Hiperealitas Dalam Media Sosial: (Tinjauan Update Status Kuliner di Kalangan Anak Muda Kota Solo). Jurnal Cakrawala, 7(2). https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/3567

Wijaya, M. H. D., & Mashud, M. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 170–191. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734

Yanto, A. (2021). Mazhab-Mazhab Hukum: Suatu Pengantar Memahami Dimensi Pemikiran Hukum. Segap Pustaka.

Yanto, A. (2022a). Hukum dan Ketertiban: Fragmen Pemikiran Tentang Paradigma Hukum dan Perkembanganya. Megalitera.

Yanto, A. (2022b). Hukum dan Manusia: Riwayat Peralihan Homo Sapiens Hingga Homo Legalis. Segap Pustaka.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Yanto, A., & Hikmah, F. (2023). Fenomena Centang Biru Instagram: Analisis Masyarakat Konsumsi dalam Perspektif Simulakra Jean Baudrillard. Jurnal Humaya: Jurnal Hukum, Humaniora, Masyarakat, Dan Budaya, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.33830/humaya.v3i2.6236

Issue

Section

Articles