Focus and Scope

JP publishes articles in the field of education which report empirical research on significant topics across educational contexts, in terms of research design and findings.

The scopes of the research includes  curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education technology.  

The aim of the journal is publishing quality research that potentially informs further research, policy and practice of education, in any context or research paradigm. Therefore the manuscript must have the following features:

  • A strong theoretical framework.
  • A Clear understanding of how literature critically relates to the topic researched.
  • Strong research design and analysis.
  • Critical analysis and recommendations for further research, policy and practice.

 

Ruang lingkup kajian jurnal ini meliputi dimensi-dimensi pendidikan yang luas, mencakup:

  • Pengembangan dan implementasi kurikulum pendidikan.
  • Pembelajaran dan layanan pendidikan.
  • Evaluasi pendidikan secara umum, mencakup proses dan hasil pendidikan.
  • Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan.
  • Kualitas, sertifikasi dan akreditasi pendidikan
  • Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan

 

Jurnal Pendidikan mempunyai tujuan menghasilkan artikel berkualitas yang mempunyai potensi memberi masukan dan pengembangan ilmu pendidikan, kebijakan dan praktek pendidikan. Oleh sebab itu artikel harus memenuhi kriteria sebagai berikut. 

  • Mempunyai dasar kerangka teori yang kuat dan memadai untuk masalah yang dikaji.
  • Keterkaitan yang jelas antara review literatur yang digunakan dan topik kajian.  
  • Metode penelitian analisis yang tepat dan jelas diuraikan dalam adrikel. S
  • Analisis atau pembahasan yang kritis dan konstruktif  terhadap hasil dan rekomendasi untuk ilmu pendidikan dan praktek yang sudah ada.