Tracer Study Pada Program Studi S1 Teknologi Pangan Universitas Terbuka

Authors

  • Dini Nur Hakiki Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia
  • Athiefah Fauziyyah Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia
  • Eko Yuliastuti Universitas Terbuka (UT) Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i1.1275.2020

Keywords:

alumnee, alumni, food technology, graduate, lulusan, teknologi pangan, tracer study

Abstract

Studi ini adalah hasil tracer study pada Program Studi (PS) Teknologi Pangan Universitas Terbuka tahun 2017-2020. Studi ini menggunakan metode kualitatif (qualitative research) melalui survei dan wawancara dengan variabel (1) Keterserapan alumni di dunia kerja; (2) Kontribusi perguruan tinggi terhadap tingkat komptensi yang dikuasai; (3) Penilaian alumni terhadap metode pembelajaran di PS Teknologi Pangan. Hasil tracer study menyatakan bahwa dari segi keterserapan alumni di dunia kerja, alumni PS Teknologi Pangan UT sebanyak 68% sudah bekerja dan sebanyak 70% sudah memperoleh pekerjaan sebelum masuk UT. Bidang pekerjaan alumni paling banyak di bidang swasta di sektor usaha makanan dan minuman. Kontribusi perguruan tinggi terhadap tingkat kompetensi yang dikuasai alumni yaitu lebih dari 50% alumni menyatakan perguruan tinggi berkontribusi sangat tinggi dan tinggi dalam pengetahuan di bidang ilmu teknologi pangan, kemampuan riset dan analisis, komunikasi, ketrampilan digital, manajemen waktu dan kemampuan dalam memegang tanggung jawab, serta soft skill. Penilaian alumni terhadap metode pembelajaran di PS Teknologi Pangan yaitu lebih dari 50% menyatakan sudah sangat baik dan baik dari tutorial online, praktikum, dan bahan ajar cetak. Masukan alumni untuk perbaikan layanan yaitu untuk tutorial online antara lain perlunya peningkatan server, tampilan yang lebih menarik, penambahan video dan studi kasus, serta tutor perlu lebih aktif memberikan umpan balik. Masukan mahasiswa untuk praktikum yaitu perlunya laboratorium sendiri yang dimiliki oleh UT, mata kuliah praktikum perlu diperbanyak, serta  integrasi antara mata kuliah praktikum dengan mata kuliah lainnya. Masukan untuk bahan ajar cetak adalah perlu dilakukan pembaharuan materi yang mengikuti dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

References

Arwildayanto. (2012). Career Development Center Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Fajaryati N, Priyanto, Sukardiyono T, Utami ADW, Pambudi S, & Destiana B. (2015). Studi Penelusuran (Tracer Study) Terhadap Alumni Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1, 44-48.

Mukminan, Suparmini, & Nursa’ban Muhammad. (2011). Kajian Relevansi Lulusan Jurusan Pendidikan Geografi UNY Tahun 2005-2009. Informasi, 2, 180-192.

Downloads

Published

05-03-2020

How to Cite

Nur Hakiki, D., Fauziyyah, A., & Yuliastuti, E. (2020). Tracer Study Pada Program Studi S1 Teknologi Pangan Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 21(1), 14–22. https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i1.1275.2020

Issue

Section

Articles