Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resistensi Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka

Authors

  • Lintang Patria Universitas Terbuka
  • Sri Utami Universitas Terbuka
  • Deddy A Suhardi Universitas Terbuka
  • Heny Kurniawati Universitas Terbuka
  • Dian Nursantika Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i2.3944.2022

Keywords:

covid-19, resistensi, analisis faktor konfirmasi

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap pembelajaran mahasiswa di perguruan tinggi. Adanya Covid-19 yang berdampak pada berbagai bidang kehidupan dapat mempengaruhi ketahanan mahasiswa untuk kuliah di UT. Selama ini strategi pembelajaran, faktor sosiodemografi, layanan tutorial, kemampuan akademik dan kepuasan mahasiswa terhadap layanan UT telah mempengaruhi resiliensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi daya tahan mahasiswa Universitas Terbuka selama masa pandemi COVID-19. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kondisi sosial ekonomi pada masa pandemi Covid 19 dan strategi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap resistensi registrasi mahasiswa. Tingkat resistensi (mahasiswa registrasi ulang) dipengaruhi oleh kemampuan mengatasi kendala sosial ekonomi pada masa pandemi (Sosvid, 0,49), kemampuan akademik (0,38), kondisi layanan UT (-0,16), layanan tutorial-praktikum (-0,20), dan strategi pembelajaran (-0,44). Keluaran dari penelitian ini adalah rekomendasi perbaikan dan inovasi layanan FST UT selama pandemi.

References

Bollen, K.A. (1989) Structural Equations with Latent Variables. John Wiley and Sons, Inc., New York.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010) Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.

Hartati, N., Kuswanti, & Riady (2014), ”Pengaruh Strategi Belajar terhadap Resistensi Mahasiswa : Studi Kasus Mahasiswa UPBJJ Jakarta” , Project Report. , ”Layanan Bantuan Belajar & Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Sistem Pendidikan Terbuka & Jarak Jauh” , Diakses dari http://repository.ut.ac.id/5603/ pada tanggal 12 Februari 2021

Ratnaningsih, D.J (2011). Pemodelan Daya Tahan Belajar Mahasiswa Pendidikan Tinggi Jarak Jauh dengan Menggunakan Pendekatan Regresi Logistik Biner, Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi, 12(2)

Saptono (2017). Development Instrument Through Confirmatory Factor Analysis CFA) in appropriate Intensity Assessment, Dinamika Pendidikan Unnes, dapat diakses pada https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/10578

Syafitri (2017). Confirmatory factor Analysus (CFA) Model Penerimaan Teknologi Berbasis Keamanan Informasi, Sitekin Vol 14 no 2, dapat diakses pada https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/4126

Trisnawati dan Sukemi (2021). Analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Exploratory Factor Analysis (EFA) pada Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Sekolah dasar, Jurnal Abacus, Vol 2 No 2, dapat diakses pada https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/220

Umar dan Nisa (2020). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya, JP3I Vol 9 No 2, dapat diakses pada https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jp3i/article/ view/16964/0

Yang (2021) Exploratory and Confirmatory Factor Analysisof PERMA for Chinese University EFL Students in HigherEducation, International Journal of language Education, Vol 5 no 2, dapat diakses melalui https://ojs.unm.ac.id/ijole/article/view/16837

Downloads

Published

22-12-2022

How to Cite

Patria, L., Utami, S., Suhardi, D. A., Kurniawati, H., & Nursantika, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Resistensi Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(2), 48–61. https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i2.3944.2022

Issue

Section

Articles