PENGARUH LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA PADA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MATARAM

Authors

  • Hery Susanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.592.2014

Keywords:

kualitas, layanan akademik, kepuasan mahasiswa, UPBJJ Mataram

Abstract

This research is aimed at analyzing the influence of academic service quality to the satisfaction of Master Degree Program (PPs) - Open University (UT) in the distance study unit program (UPBJJ) Mataram. The data were subsequently analyzed by double linear regression. This research finding showed that, partially the indicator of reliability dimension, responsiveness, and assurance were not influenced significantly by the students satisfaction. It was caused by the Master Degree Program UT in UPBJJ Mataram has not provided a service that is expected by the students. Otherwise the indicator of tangibles and empathy partially have significant role that influences the students satisfaction. From the five indicators, it can be seen that the empathy dimension has dominant role that influences the satisfaction of students in Master Degree Program UT in UPBJJ Mataram. Simultaneously, the quality of academic service consisted of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy that has highly significant role. The higher of service quality increased the higher of students satisfaction level in Master Degree Program UT in UPBJJ Mataram.


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas layanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Terbuka pada Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Mataram. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial indikator dimensi keterandalan (reliability), responsiveness dan assurance tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, hal ini disebabkan PPs-UT pada UPBJJ Mataram belum memberikan pelayanan seperti yang diharapkan oleh mahasiswa. Selanjutnya, pada indikator tangibles dan empathy secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dari ke lima indikator tersebut, dimensi emphaty memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan mahasiswa Program Pascasarjana UT pada UPBJJ Mataram. Secara simultan, kualitas layanan akademik yang terdiri dari tangiblereliabilityresponsivenessassurance, dan empathy mempunyai pengaruh signifikan yang sangat tinggi, artinya semakin tinggi kualitas pelayanan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mahasiswa PPs-UT pada UPBJJ Mataram.

References

Effiyaldi. (2008). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa pada perpustakaan STIKOM Dinamika Bangsa. Jurnal Media Akademik, vol 2(1): 68-76.
Handayani, R, Yermias T. K., & Ratminto. (2003). Analisis kepuasan pemakai terhadap pelayanan perpustakaan nasional provinsi daerah istimewa Yogyakarta. Sosiosains, vol 17(2), April 2003. Pasca Sarjana Fisipol UGM, Yogyakarta.
Holtzclaw, L.R. (1986). Human development and the distance learner. I.C.D.E Bulletin, vol. 10, 17-19.
Irawan, H. (2002). 10 Prinsip kepuasan pelanggan. Penerbit PT. Elex Media Komputindo Gramedia, Jakarta.
Kartono, K. (1987). Pemimpin dan kepemimpinan:apakah kepemimpinan itu abnormal. Penerbit Rajawwali, Jakarta.
Keputusan Menteri PAN Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Kotler, P.( 2000). Marketing management 9th edition. New Jersey. Prentice Hall International. Inc.
Ndendo, Tanggu, Roland. (2007). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan PSMA on-line Universitas Gunadharma. Proceeding Pesat Universitas Gunadharma. Jakarta.
Pakpahan, Sondang Purnamasari. (2004). Persepsi mahasiswa UPBJJ-UT Medan tentang pelayanan akademik dan non-akademik yang diberikan oleh UPBJJ-UT Medan. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, vol 5(1): 47-58.
Semiawan, C. R. (1998). Pendidikan tinggi peningkatan kemampuan manusia sepanjang hayat seoptimal mungkin. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta.
Srinadi, I Gusti Ayu Made & Desak Putu Eka Nilakusmawati. (2008). Faktor-faktor penentu kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan fakultas sebagai lembaga pendidikan (studi kasus FMIPA Universitas Udayana). Cakrawala pendidikan Tahun XXVII No 3, Denpasar.
Sudarwan, D. (1995). Pendidikan Media Komunikasi. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Tjiptono, F. (1998). Manajemen jasa. Edisi kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
William, J. & William, M. (1987). Student operated network for diatance learners. I.C.D.E Bulletin, vol. 13, 5164.
Zeithaml, Parasuraman & Berry. (1990). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations, The Free Press, USA.

Downloads

Published

14-09-2014

How to Cite

Susanto, H. (2014). PENGARUH LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS TERBUKA PADA UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ) MATARAM. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 15(2), 88–98. https://doi.org/10.33830/ptjj.v15i2.592.2014

Issue

Section

Articles