Strategi Pemasaran Gas Elpiji Bersubsidi Pemerintah Toko Besar Muji Didaerah Suka Makmur

Authors

  • Yesi Kasela Nanda Universitas Terbuka
  • Ajeng Andriani Hapsari

Keywords:

Marketing strategy, LPG gas, Consumer purchasing power

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan
pangkalan gas ELG 3 kilogram toko besar (muji) didaerah suka makmur dalam meningkatkan
penjualan yang dipengaruhi oleh daya beli terhadap konsumen atau masyarakat. Jenis dari
penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan
cara triangulasi yaitu wawancara, observasi langsung dan dokumentasi, sedangkan teknik
analisis datanya menggunakan penelitian dengan tahap pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan menarik kesimpulan verifikasi, yang menyimpulkan informasi dari berbagai
pihak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasan yang dilakukan oleh toko
besar ( muji ) sudah cukup baik tetapi masih perlu diperbaiki dan dikembangkan karena masih
banyak strategi pemasaran yang belum diterapkan dalam bisnisnya. dan peningkatan penjualan
bukanlah pekerjaan yang mudah jika tidak didukung daya beli konsumen. dan untuk srtategi
promosi harus lebih ditingkatkan dan dikembangkan karena toko besar (muji) masih sangat jauh
tingkat informasi yang didapat dari konsumen/masyarakat. mereka mendapatkan informasi dari
mulut kemulut sehingga kurang akurat, daya beli masyarakat akan kurang memuaskan dan dapat
mengurangi tingkat penjualan toko besar (muji).

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles