PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA SALON CANTIK DI KABUPATEN KARANGASEM

Authors

  • Dian Mahasiswa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka
  • Afriyeni Afriyeni Tutor Manajemen Fakultas Ekonomi dan Dosen Pada STIE KBP Padang

Abstract

Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap customer retention pada Salon Cantik di Kabupaten Karangasem berlatar belakang adanya persaingan ketat antara salon-salon kecantikan yang semakin marak, dan berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan. Karena pelanggan merupakan salah satu komponen utama dalam suatu usaha. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengevaluasi pegaruh kepuasan pelanggan terhadap customer retention pada Salon Cantik di Kabupaten Karangasem. Deskriptif kuantitif merupakan metode yang dipilih dalam penelitian dengan menyebarkan kuesioner kepada customer Salon Cantik yang berjumlah 36 sampel. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, metode ini sengaja memilih partisipan atau sampel berdasarkan kriteria tertentu yang dianggap relevan untuk tujuan penelitian. Dalam menentukan populasi penelitian dapat dilihat dari konsumen yang menggunakan jasa Salon Cantik dimulai pada Januari hingga Oktober 2023. Analisis regresi sederhana adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian untuk mengukur satu variabel bebas dan hubungannya dengan satu variabel terikat. Berdasarkan hasil analisis ditunjukkan bahwa pengaruh variable bebas atau kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap variable terikat atau customer retention sebesar 30,2 % sementara untuk variabel lain yang bukan termasuk dalam penelitian merupakan sisanya. Sehingga penelitian ini tergolong positif dan signifikan karena kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap customer retention pada pada Salon Cantik di Kabupaten Karangasem.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles