ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN E-MODUL PRAKTIKUM IPA DI SD PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Keywords: E-Modul, Praktikum IPA, Respon Mahasiswa
Abstract
Bentuk penelitian yang diterapkan dalam kajian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah survei. Instrumen penelitian menggunakan angket respon mahasiswa. Responden yang mengikuti pengisian angket adalah 65 mahasiswa. Terdapat tiga aspek yang dinilai oleh siswa, yakni: aspek tampilan, aspek penyajian materi, dan aspek manfaat dengan total pernyataan adalah 16 item pernyataan. Setelah data dikumpulkan dan diolah, diperoleh hasil bahwa respon mahasiswa terhadap E-modul Praktikum IPA adalah sangat positif, baik dari aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat. Beberapa faktor yang membuat siswa memberikan respon sangat positif memberikan hasil presentase 81,3 % dengan kriteria sangat kuat. Respon mahasiswa terhadap penggunaan E-Modul Praktikum IPA di SD digolongkan menjadi tiga indikator meliputi: kesesuaian E-Modul dengan praktikum, penggunan software yang sesuai untuk E-modul, dan mendorong kemandirian mahasiswa. Implikasi respon mahasiswa ini memberikan potensi penggunaan E-modul Praktikum IPA dalam pembelajaran jarak jauh di Universitas Terbuka.
References
Berlin, Mery. (2013). Partisipasi Mahasiswa Terhadap Layanan Universitas Terbuka Online di Unit Program Belajar Jarak Jauh-Universitas Terbuka Palembang. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 14(2): 79-87.
Budiastra, A. A., Erlina, N., & Wicaksono, I. (2019). Video-Based Interaction through Teacher Working Group Forum to Increase Elementary School Teachers’ Professionalism. The New Educational Review, 57(3), 187–199.
Budiastra, A. A. K., Casmat, M., Kadarisman, K., Puspitasari, S., & Erlina, N. (2022). Validity of geopark integrated natural science learning resources to enrich students’ local wisdom in elementary school. Advances in Social Sciences Research Journal, 9(2), 14.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-modul interaktif berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433-441.
Hafsah, N. R. J., D. Rehendi, & Purnawan. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education. 3(1): 106-112.
Kuncahyono, dan D. F. N. Aini. (2020). Pengembangan Pedoman E-modul Berorientasi Student Active Learning sebagai Pendukung Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 5(2): 292-304.
Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum IPA Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Pada Mahasiswa PGSD. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).
Masruroh. Feriana. (2020). Praktek Pendidikan Jarak Jauh Di Universitas Terbuka Indonesia. EDUTECH; Jurnal Teknologi Pendidikan. 19(2): 200-213.
Maulidia. Sri., E. Kuswanti., M. Arisanty., G. Wiradharma., Widiyanto. (2021). Peningkatan Kualitas dan Kemampuan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Universitas Terbuka. Unnes Journals. 50(1): 99-107.
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 6-11.
Siyoto, S. dan Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.
Sugihartini, N., dan Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 14(2) : 222.
Syamsu. Dola. Fetro. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Siswa Kelas VII Semester Genap. BIOnatural. 4(2): 13-27.
Tania, L., dan J. Susilowibowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar E-modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. 1-9.
Waluyo, M. E., & Parmin, P. (2014). Pengembangan panduan praktikum IPA terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema fotosintesis untuk menumbuhkan keterampilan kerja ilmiah siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(3).
Winantha, R. K., N. Suharsono, K. Agustin. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 8(1) : 17-21
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.
Yuliani, W., dan M. Banjarnahor. (2021). Metode Penelitian Pengembangan (R&D) dalam Bimbingan dan Konseling. Quanta. 5(3): 111-118.
Copyright (c) 2023 A. A. Ketut Budiastra, Iwan Wicaksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.