PEMANFAATAN APLIKASI PEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI BELAJAR SISWA SMK JURUSAN AKUNTANSI
Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Memfasilitasi Belajar, Pemanfaatan Aplikasi, Pengalaman Belajar, Siswa SMK
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan aplikasi pembelajaran yang dapat memfasilitasi belajar siswa kelas XI SMK jurusan akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei-Juni 2023 di SMKN 17 Jakarta dengan subjek penelitian yaitu siswa SMK kelas XI dan guru dari jurusan Akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memanfaatkan aplikasi pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Aplikasi yang sering digunakan antara lain MYOB, Spreadsheet, Quiziz dan Kahoot. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, proses pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien. Selain itu, siswa menjadi lebih termotivasi dan mendapat pengalaman belajar yang bermakna.
References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Anggono, A., & Lubis, E. A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Video MYOB Terhadap Hasil Belajar MYOB. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 3(2), 1-8.
Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155-162.
Christiani, N., Adrianto, H., Anggraini, L. D., & Michel, G. A. (2019). Modul Teknologi Pembelajaran: KAHOOT. CV Jejak.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., . . . Masdiana. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media group.
Ganiskatrina, A. (2016). PENGEMBANGAN MODUL SPREADSHEET SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA UNTUK KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 4(3).
Hermawati, L., & Wahyudi, T. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Spreadsheet Untuk Penyelesaian Soal Akuntansi Jasa Yang Efektif (Studi Kasus Siswa Kelas X Smk N 1 Cepu Tahun 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Ilhami, Z. (2019). Persepsi Siswa Dalam Menggunakan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Delapan Di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta Tahun Ajaran 2018-2019. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 128-148.
Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104.
Khomsah, A. F., & Imron, M. (2020). Pembelajaran bahasa Arab melalui kolaborasi metode questioning dan media kahoot. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(1), 99-118.
Komariyah, P. I., & Listiadi, A. (2022). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Program Aplikasi MYOB Accounting. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(2), 175-184.
Meilinawati, L. (2021). MEMAHAMI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MELALUI KARTU PERMAINAN. Metahumaniora, 11(3), 335-347.
Mudmainnah, N. F., Deskoni, D., & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh Software MYOB ACCOUNTING Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Di SMA Muhammadiyah 6 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 43-51.
Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104).
Nugraha, D. B., Azmi, Z., Defitri, S. Y., Pasaribu, J. S., Hertati, L., Saputra, E., ... & Fau, S. H. (2023). Sistem informasi akuntansi. Global Eksekutif Teknologi.
Oka, G. P. A. (2022). Media dan multimedia pembelajaran. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Permana, G. P. L., & Rosiana, P. M. C. (2022). PENGARUH TINGKAT PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, TINGKAT PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN COMPUTER SELF EFFICACY PADA PENERIMAAN APLIKASI MYOB PADA SISWA SMK AKUNTANSI DI KOTA DENPASAR. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 7(1), 89-105.
Purtina, A. (2019). Penerapan Program MYOB Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI di SMKN 2 Palangka Rsys. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 20-27.
Rahman, F., Azmi, A., & Yusri. (2022). Pelatihan Asynchronous Learning dengan Platform dan Media Digital Sebagai Alternatif Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 di MTS Diniyah Babussalam Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 27.
Ramadhani, E., Ratnapertiwi, F. H., Salma, N. N., Sulikah, & Nurhayati, S. (2022). Analisis Penggunaan Metode Spreadsheet dalam Penyusunan Laporan Keuangan. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 102.
Rosyida, A. (2020). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI MYOB PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Edutama.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 168.
Sari, D. A. (2020). Aplikasi Pengolah Angka/Spreadsheet. Surabaya: PT DINAMIKA ASTRAPEDIA SEJAHTERA.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis GamePada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 86.
Sudipa, I. G. I., Rahman, R., Fauzi, M., Pongpalilu, F., Setiawan, Z., Huda, M., ... & Sahusilawane, W. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BERBAGAI BIDANG. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sun’iyah, S. L. (2020). Media pembelajaran daring berorientasi evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di tingkat pendidikan dasar. Dar el-Ilmi: jurnal studi keagamaan, pendidikan dan humaniora, 7(1), 1-18.
Tangel, D., Tangkuman, S., & Luntungan, H. (2016). Aplikasi Spreadsheet Pada Perancangan Roda Gigi Lurus. Jurnal Poros Teknik Mesin Unsrat, 105.
Triantoro, A. (2018). Mahir Komputerisasi Akuntansi dengan Myob Accounting . Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Wahyuni, P. D., Chairunisa, M., & Yudha, F. P. (2021). Meningkatkan Pembelajaran dan Kompetensi Siswa SMK Bina Insan Mandiri Melalui Pelatihan Software Akuntansi Myob Di Wilayah Srengseng Jakarta Barat. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 134-141.
Warni, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Software MYOB Terhadap Hasil Belajar Siswa Akuntansi Perusahaan Dagang Pada Siswa Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Wulansari, D. N. H. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Spreadsheet Menggunakan Modul dan Buku Teks Kelas X Akuntansi SMKN 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1).
Copyright (c) 2023 Meisya Salsabil Zahra, Ratri Mei Setiasih, Syifa Aulia Usman, Anggita Zulfa Anis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.