PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS X SMK NEGERI 1 BUSUNGBIU
Keywords: Media Digital, Media Pembelajaran, Pemanfaatan Media
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media digital dalam proses pembelajaran di kelas X SMK Negeri 1 Busungbiu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang terdiri dari guru dan siswa di kelas X SMK Negeri 1 Busungbiu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media digital dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas X di SMK Negeri 1 Busungbiu. Hal ini terlihat dari peningkatan minat dan motivasi belajar siswa, efektivitas waktu pembelajaran, serta hasil belajar yang lebih baik. Selain itu, penggunaan media digital juga membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan teknologi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan media digital dapat meningkatkan proses pembelajaran di kelas X SMK Negeri 1 Busungbiu. Oleh karena itu, diharapkan pihak sekolah dapat memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan media digital dalam proses pembelajaran. Selain itu, diperlukan kerja sama antara guru dan siswa untuk memaksimalkan penggunaan media digital dalam pembelajaran.
References
Anshori, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114
Arif, M., & Abdul, D. (2020). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran PAI Melalui Pendekatan Saintifik. Al-Bahtsu : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(2), 76–81. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/3376
Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 435–446.
Arikarani, Y., & Amiruddin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran di Masa Pandemi. Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hadi, S. (2012). Metodologi Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Y., Tasrif, E., Saragih, F. M., Mustakim, W., & Vebriani, N. (2023). Meta Analisis Pengaruh Media E-Learning terhadap Hasil Belajar pada Pendidikan Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 2808–2820. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.929
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Maisarah, M., Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1348
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.
Mu’ah, M., Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3986
Nucifera, P., Yakob, M., & Setyoko, S. (2022). Pelatihan media pembelajaran berbasis digital bagi guru di SMPN 1 Rantau Selamat Aceh Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 217–225. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6277
Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Sahara, Y. K., & Thohir, M. A. (2022). Analisis Sikap Siswa Saat Pembelajaran Menggunakan Media Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Anterior Jurnal, 21(3), 62–67. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3540
Sartika, E. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 11(2), 173–182.
Susanto, H., Irmanita, W., & Meidy Syurbakti, M. (2022). Analisis Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Daring Masa Pandemi Covid-19. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 8(1), 13–24.
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis peran guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah terhadap kreativitas belajar siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38-42.
Wityastuti, E. Z., Masrofah, S., Haqqi, T. A. F., & Salsabila, U. H. (2022). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.54082/jupin.39
Yatini. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi Dan Komunikasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Era Digital. Madaris: Jurnal Guru Inovatif, Juni(2022), 93–102.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83-90.
Copyright (c) 2023 Kadek Rusma Dewi, Ferry Lourens S. Korompis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.