DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS PENDIDIKAN
Keywords: Dampak Teknologi, Pendidikan, TIK
Abstract
Pada bidang pendidikan di Indonesia, terdapat beberapa hal yang menunjukkan pentingnya penggunaan TIK, yaitu (1) memaksimalkan kualitas pendidikan di seluruh jenjang; (2) mengantisipasi kesenjangan fasilitas Pendidikan karena perbedaan geografis; (3) pergerakan dinamis sosiobudaya masyarakat; dan (4) memperkuat rasa nasionalisme bangsa. Penelitian ini bertujuan mengeksplor dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap aktivitas pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu studi deskriptif kualitatif ini dengan melibatkan 2 orang guru dan 5 orang siswa kelas XII SMK Negeri 1 Seririt. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan panduan wawancara. Analisis data menerapkan analisis interaktif kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Dampak positif TIK yaitu pembelajaran lebih inovatif, meningkatkan pemahaman siswa, memudahkan pembelajaran tanpa batasan waktu dan ruang, memperkaya sumber belajar, memfasilitasi pembelajaran berbasis online.; dan (2) Dampak negatif TIK yaitu perubahan nilai, norma, aturan, maupun moral kehidupan yang berlawanan dengan apa yang diyakini oleh masyarakat. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif dan negatif tergantung dari pengoperasiannya.
References
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidinak Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 03(05), 1-8.
Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2018). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48-53.
Gairola, C. M. (2004). Information and Communications Technology for Development. New Delhi: Elsevier.
Hariningsih, S. P. (2005). Teknologi Informasi. Penerbit Graha Ilmu: Jakarta.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48-51
Kurniawan, A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Untuk Pembelajaran Di Smp Negeri 5 Ponorogo, Jawa Timur. Jurnal Teknodik, 23(1), 55-64.
Kuswanto, J., Yunarti, Y., & Adesti, A. (2021). Pemanfaatan Tik Dalam Mendukung Pembelajaran Dari Rumah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 109-114.
Magfiroh, W. (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) terhadap Dunia Pendidikan. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3(November), 241-254
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. DOI: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maunah, B. (2016). Dampak Regulasi di Bidang TIK terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Cakrawala Pendidikan, 2(1), 176-186.
Miftah, M. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 237-243.
Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit. Universitas Indonesia.
Mukamaroh, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Journal of Education Management & Administration Review, 1(4), 1-7.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta.
Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta.
Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala Guru Memanfaatkan Media It Dalam Pembelajaran Di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131-140.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123-133.
Simanjuntak, H., Endaryono, B. T., & Balyan. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(1), 1-10.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Sma Yppgi Nabire. Jurnal Fateksa: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40-52.
Yuhetty, H. (n.d.). ICT and Education in Indonesia. Retrieved 11 20, 2008, fromhttp://www.lib.itb.ac.id/: http://www.lib.itb.ac.id/~mahmudin/e-list/Indonesia-ICT-paper.pdf
Copyright (c) 2023 I Komang Adil Subagio, Asnah Marlina N. Limbong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.