IMPLEMENTASI APLIKASI COMPUTER BASED TEST (CBT) BIMASOFT SEBAGAI MEDIA EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 KOTA SERANG
Keywords: Aplikasi Bimasoft, CBT, Computer Based Test, Evaluasi Hasil Belajar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari implementasi aplikasi CBT Bimasoft yang diterapkan sebagai media evaluasi hasil belajar peserta didik pada Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknis pengambilan data melalui wawancara, observasi dan angket. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Desain penelitian ini menggunakan empat tahapan, yaitu: tahap pemodelan, tahap validasi, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi CBT Bimasoft sebagai media evaluasi hasil belajar peserta didik SMA menunjukkan kategori sangat baik.
References
Ekayogi, I. W. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Workspace for Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 433-452.
Fitriati, I. & Irawati, I. (2018). Implementasi Computer Based Test English Computer (CBT-EC) untuk Efisiensi Evaluasi Bahasa Inggris Komputer di STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(2), 204-210.
Himah, F., Sudarti & Subiki. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Computer Based Test-Higherorder Thingking (CBT-HOT) pada Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 89-95.
Ihksanudin, M. Y., Riyanti, K. P. K. & Budiman, S. N. (2022). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Menggunakan Token Dan Geolocation Dengan Framework Codeigniter. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi, 3433-3447.
Martin, Supriyati, Y. & Budi, A. S. (2018). Pengembangan Computer Based Test (CBT) sebagai Alat Penilaian Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Gerak Lurus. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 477-486.
Mu’ti, Y.A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online dengan Microsoft Teams pada Pelajaran Matematika Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (EDUKASIA), 1(2), 347-358.
Ningsih, S. R., Sotar & Marlis, R.Y. (2020). Aplikasi Computer Based Test untuk Pelaksanaan Ujian Sekolah Menengah Atas. Journal of Information System and Informatics Engineering (JOISIE), 4(2), 105-111.
Oktavia, B. P., Wibowo, S. B. & Astuti, E. (2020). Efektivitas Implementasi CBT pada Siswa Akuntansi di SMKN A Madiun. Jurnal Akuntansi: Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(2), 106-115.
Rahayu, H.E.S. & Subagyo, S. (2022). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Aplikasi Microsoft Teams Terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Economica, 1(4), 702-712.
Rahmawati, S., Effendi, M.R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie, 3(1), 01-24.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabya: Cipta Media Nusantara.
Sunarsih, M.C.S. (2022). Penerapan Metode Quiz berbasis Microsoft Form untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN Dukuh Menanggal I/424 Surabaya. Edustream:Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 63-75.
Suradi, A. A. M. (2022). Perancangan Sistem Informasi Ujian Akhir Semester Berbasis Komputer Pada Perguruan Tinggi. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 12(1), 30-40.
Syarifah, F. (2022). Pengembangan Computer Based Test Berbasis Android sebagai Evaluasi Pembelajaran di MAN 1 Magelang. Journal of Educational Evaluation Studies (JEES), 1(3), 214-221.
Udayana, I. K. B. F. (2017). Dampak Ujian Berbasis Komputer (CBT) pada Penilaian Evaluasi Akhir Siswa. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 4(1), 23-26.
Copyright (c) 2023 Dewanto Kamas Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.