SDGs 4.1.1(a): TINGKAT KETIMPANGAN GENDER KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TANGERANG
Keywords: Ketimpangan Gender, Numeracy Skills, SDGs
Abstract
Kesetaraan gender merupakan salah satu tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang dirumuskan untuk menciptakan kesetaraan peran gender pada perempuan dan laki-laki, salah satunya dalam bidang pendidikan. Tujuan ini memiliki kesinambungan terhadap tujuan SDGs yang lainnya, salah satunya dalam mewujudkan pendidikan berkualitas yang dapat dinilai melalui kemampuan literasi dan numerasi. Selama pelaksanaannya, terjadi kesenjangan antar kelompok dalam dimensi pemberdayaan menurut Human Development Report sebesar 17,4 dari 24,6, serta berada pada peringkat ke-6 di negara ASEAN, dan siswa perempuan cenderung lebih unggul dari laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat kesenjangan gender dan hal-hal yang mempengaruhinya pada siswa tiap antar kelompok gender untuk memperdalam penelitian sebelumnya yang mengkaji terkait kemampuan numerasi siswa antar kelompok gender, terutama pada siswa kelas VIII SMP yang berwilayah di Kabupaten Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta metode studi kasus. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa tingkat kesenjangan gender antar kelompok terhadap kemampuan numerasi umumnya berada di kategori ‘tidak ada kesenjangan gender’, namun siswa perempuan cenderung lebh unggul dibandingkan dengan siswa laki-laki.
References
Akmalia, R., & Ulfah, S. (2021). Kecemasan dan Motivasi Belajar Siswa SMP Terhadap Matematika Berdasarkan Gender di Masa Pandemi COVID-19. 05(03), 2285–2293.
Aufa, N., & Manoy, J. T. (2022). Student’s Mathematical Literacy in Solving Asesmen Kompetensi Minimum Question in terms of Gender. MATHEdunesa, 11(1), 219–229. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p219-229
Bappenas. (2019). Roadmap Of SDGs Indonesia: A Highlight.
Bappenas. (2020). Metadata Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/ Sustainable Development Goals (SDGs): Pilar Pembangunan Sosial.
Borgonovi, F., Choi, Á., & Paccagnella, M. (2018). The Evolution of Gender Gaps in Numeracy and Literacy Between Childhood and Adulthood (Nomor 184).
Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, (2003).
Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Manurung, F. O., & Pamungkas, A. S. (2023). SDGs: TINGKAT NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII. Euclid, 10(2), 296–307. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8562
Mellyzar, Unaida, R., Muliani, & Novita, N. (2021). Hubungan Self-Efficacy dan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa: Ditinjau Berdasarkan Gender. Lantanida Jounal, 9(2), 93–182.
Nuriyatin, S., & Agustina, E. N. S. (2022). The Relationship Between Mathematical Literacy Ability and Gender in Grade VIII. JEDMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 28–34.
OECD. (2018). PISA 2018 Results: Vol. I.
OECD. (2019a). Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742
OECD. (2019b). PISA 2018 Results: Where All Students Can Succeed. In PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed (Vol. 2). https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-ii_b5fd1b8f-en
Pusat Asesmen Pendidikan. (2022a). Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Untuk Satuan Pendidikan.
Pusat Asesmen Pendidikan. (2022b). Rapor Pendidikan Publik 2022. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
Ruangguru. (2022). Ruangguru Annual Impact Report 2021.
Schleicher, A. (2018). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD.
UNICEF Indonesia. (2018). Sebuah Gambaran: SDG dan Anak-anak di Indonesia.
United Nations. (2022). Global Indicator Framework for the Sustainable Development Goals and targets of the 2030 Agenda for Sustainable Development.
Unterhalter, E. (2019). The Many Meanings of Quality Education: Politics of Targets and Indicators in SDG4 1. 10(January), 39–51. https://doi.org/10.1111/1758-5899.12591.
Copyright (c) 2023 Aan Subhan Pamungkas, Felisia Oktovia Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.