EFEKTIFITAS E-MODUL PRAKTIKUM BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 4 CILEGON
Keywords: E-Modul, Hasil Belajar, Kearifan Lokal, Praktikum
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas e-modul praktikum berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada pokok bahasan asam basa. Sabjek penelitian adalah siswa SMAN 4 Cilegon kelas XI IPA-1 sebanyak 34 orang. Penelitian menggunakan metoda R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation and Evaluation), dan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest. Hasil Uji Efektifitas menghasilkan skor kreativitas belajar sebesar 76 dengan kategori ”kreatif”. Skor angket penilaian guru adalah 77% dengan kategori ”efektif”. Skor angket penilaian siswa adalah 87,32% dengan kategori ”sangat efektif”. Sehingga nilai efektifitas rata-rata dari angket guru bidang studi dan siswa adalah 82,16% dengan kategori ”sangat efektif”. Hasil N-gain sebesar 77,35 menunjukkan bahwa penggunaan e-modul praktikum berbasis kearifan lokal ”efektif” untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Asam Basa. Dari hasil uji efektifitas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa perpaduan kecanggihan teknologi berupa e-modul dan pemanfaatan kearifan lokal menjadikan e-modul praktikum lebih menarik serta dapat digunakan sebagai media sekaligus sumber belajar.
References
Asda, V. D., & Andromeda, A. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 710-716.
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dari, R. W., & Nasih, N. R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Menggunakan E-Modul. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(2), 12-21.
Fatihah, W., & Ruhiat, Y. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Canva pada Pokok Bahasan Asam-Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 57-61.
Fatihah, W., & Zidny, R. (2023). Production and Characterization of Natural Acid-Base Indicator of Kendi Belang and Kendi Bukacu for School Chemistry Experiment. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 8(1), 22-39.
Gemuruh, A. R., (2022). Pengembangan Bahan Ajar Modul Digital Berbasis Mobile Learning Pelajaran Biologi Kelas XI Materi Sistem Pencernaan di SMA Negeri 6 Kabupaten Tangerang. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. H. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056-1065.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Puspitasari, D. J., Sosidi, H., & Prismawiryanti, P. (2022). Pembuatan Kertas pH dari Bahan Alam (Bunga) Sebagai Alternatif Pengganti Indikator Sintetis Di MGMP Kimia Kabupaten Donggala. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 611-618.
Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan e-modul berbasis HOTS berbantuan flipbook marker sebagai bahan ajar alternatif siswa SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247-254.
Safitri, S., Melati, H. A., & Hadi, L. (2019) Pembuatan Kertas Indikator Alami Sebagai Alat Praktikum Penentu Sifat Asam dan Basa Suatu Larutan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(3).
Sari, D. K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 44-54.
Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Uji efektivitas media pembelajaran interaktif berorientasi konstruktivisme pada materi neurulasi untuk perkuliahan perkembangan hewan. Jurnal BioCONCETTA, 2(1), 158-164.
Copyright (c) 2023 Wahyu Fatihah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.