PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG
Keywords: Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Project Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi sejauh mana model Project Based Learning (PjBL) berdampak pada motivasi belajar siswa kelas VII di SMP Brawijaya Smart School Malang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran paradigma kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan kuesioner kepada siswa kelas VII. Data sekunder diperoleh dari studi literatur dan sumber online. Teknik pengumpulan data melalui Observasi interaksi guru dan siswa di kegiatan belajar mengajar. Penyebaran kuesioner dengan media Google Form yang diberikan kepada siswa dan dokumen pendukung. Setelah pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PjBL memiliki dampak positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII. Sebanyak 70% responden melaporkan peningkatan motivasi setelah mengikuti PjBL. Meskipun demikian, 40% responden mengalami peningkatan yang tidak signifikan, menandakan perlunya pendampingan dan bimbingan berkelanjutan. Temuan ini menunjukkan bahwa model PjBL dapat menciptakan suasana kelas yang positif, namun perlu adanya pendekatan personal dan evaluasi terus-menerus untuk memaksimalkan manfaatnya.
References
Ahdar, A., & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. AL MA'ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(2), 101-110.
Anggal, N., Yuda, Y., & Amon, L. (2020). Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. CV. Gunawana Lestari.
Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7-13.
Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksarahlm. 161.
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dan think pair share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap kemandirian dan hasil belajar rancang bangun jaringan. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(2), 80-85.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru (Universitas Indonesia, penerjemah). Jakarta: UI Press. Terjemahan dari: Sage Publications.
Miranti, M. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Onal Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Sekolah Berbasis Agama Di Balangan:(Studi Kasus Pada Sman 2 Halong). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(6), 477-487.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 15(1).
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 49-55.
Yani, A. (2021). Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahli Media Book.
Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239-246.
Copyright (c) 2023 Kharisma Shinta, Clementina Vincencia Kandam, Machrus Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.