PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PROGRAM PRE-SERVICE STUDENT TEACHER EXCHANGE IN SOUTHEAST ASIA
Keywords: insight, multicultural, value
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran wawasan multikultural peserta program Pre-service Student Teacher Exchange in Southeast Asia (SEA-Teacher Project), yang mendapatkan kesempatan mengikuti pertukaran pelajar di negara kawasan Asia Tenggara untuk melakukan praktik mengajar di TK Islam Sabilina, mengetahui gambaran implementasi pendidikan multikultural di TK Islam Sabilina, dan mengetahui hambatan serta dukungan pelaksanan pendidikan multikultural dalam program SEA-Teacher Project. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Partisipan penelitian berjumlah tiga orang mahasiswa peserta program SEA-Teacher yang melaksanakan praktikum di TK Islam Sabilina. Hasil penelitian menggambarkan para peserta program SEA-Teacher menunjukkan wawasan multikultural dalam perannya sebagai edukator, fasilitator, akomodator, dan asimilator. Implementasi pendidikan multikultural pada anak usia diniĀ di TK Islam Sabilina mengembangkan indikator nilai toleransi, nilai demokarasi, nilai kesetaraan, dan nilai keadilan. Hambatan yang dihadapi berupa perbedaan bahasa dapat diatasi dengan keinginan yang sama kuat untuk menjalin komunikasi melalui bahasa tubuh dan ekspresi. Dukungan dari para guru di tempat praktikum meminimalkan kendala bahasa yang dihadapi para peserta program.
Copyright (c) 2024 Khusniyati Masykuroh, Mia Rachmawati, Kayla Mariz Vilaluz Ulit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.