Penerapan Program Literasi Informasi di Perpustakaan SMPN 1 Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.33830/livre.v1i2.10662Keywords:
Kebutuhan informasi, Literasi informasi, Perpustakaan sekolah, Information Literacy, Information Search, School LibraryAbstract
Abstrak
Literasi informasi merupakan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam mengenali informasi yang dibutuhkan, mencari informasi, mengevaluasi informasi yang didapatkannya, dan menggunakan informasi secara efektif. Kompetensi ini sangat penting untuk dimiliki oleh para siswa di era digital saat ini agar dapat mengakses, memahami, dan memanfaatkan informasi dengan bijak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji bagaimana program literasi informasi yang diselenggarakan oleh perpustakaan SMPN 1 Bireuen ini diterapkan dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program literasi informasi di perpustakaan SMPN 1 Bireuen dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: (1) pengenalan konsep literasi informasi, (2) pelatihan dan pendampingan siswa dan guru, (3) integrasi dalam pembelajaran, (4) evaluasi dan refleksi. Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya pemahaman guru dan siswa terhadap mencari dan mengevaluasi informasi yang akurat, keterbatasan sarana prasarana, serta minimnya alokasi waktu. Namun, upaya penerapan literasi informasi ini tetap dilanjutkan dengan melibatkan berbagai pihak terkait agar siswa dan siswi di SMPN 1 Bireuen dapat memiliki keterampilan literasi informasi yang memadai.
Kata kunci: Literasi Informasi, Pencarian Informasi, Perpustakaan Sekolah
Abstract
Abstract
Information literacy is the ability to identify information needs, search for information, disseminate information, and use information effectively. In the digital era, this competency is essential for students to access, understand, and utilize information wisely. The purpose of this study is to examine how the information literacy program organized by the SMPN 1 Bireuen library is implemented and the obstacles faced. This research is a qualitative approach with a case study method. Data collection techniques in this study were carried out through observation, interviews, and documentation studies. The results of the study indicate that the implementation of the information literacy program in the SMPN 1 Bireuen library was carried out through several stages, namely: (1) introduction to the concept of information literacy, (2) training and mentoring of students and teachers, (3) integration in learning, (4) evaluation and reflection. The obstacles faced include the lack of understanding of teachers and students in searching for and evaluating accurate information, limited facilities and infrastructure, and minimal time allocation. However, efforts to implement this information literacy are continued by involving various related parties so that students at SMPN 1 Bireuen can have adequate information literacy skills.
Keywords: Information Literacy, Information Search, School Library
References
ALA. (2000). Information Literacy Competency Standards for Higher Education. Chicago. From American Library Association Institutional Repository: https://alair.ala.org/server/api/core/bitstreams/ce62c38e-971a-4a98-a424-7c0d1fe94d34/content
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Los Angeles: Sage Publications.
Deliza, Sumarni, & Nondot. (2023). Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Universitas Riau Berdasarkan Seven Pillar Model. Jurnal Gema Pustakawan, 11(1), 37-46.
Husna, M. A., & Marlini. (2019). Rancangan Kegiatan Literasi Informasi di SMA Negeri 1 Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 8(1), 242-251.
Hutasoit, H. R. (2014). Perpustakaan dan Penyebaran Informasi. Jurnal Iqra, 8(2). From http://repository.uinsu.ac.id/171/3/PERPUSTAKAAN%20DAN%20PENYEBARAN%20INF ORMASI.pdf
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Jupendas, 2, 11-21.
Mashur, I. (2012). Implementasi Literasi Informasi di Sekolah. Pustakaloka, 61-72.
Putri, N. E., & Rahmah, E. (2018, September). Penerapan Literasi Informasi di Perpustakaan SMK Negari 2 Pariaman. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan, 7(1), 365 - 369.
Sulistyo-Basuki. (2013). Literasi Informasi dan Literasi Digital. From https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/03/25/literasi-informasi-dan-literasi-digital/
Tangngareng, T., Tasbih, & Danial, M. (2024). Literasi Sebagai Dasar Kemelekan Informasi. Journal Papyrus, 3(6), 14-20.
Yudistira. (2017). Literasi Informasi Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM Menggunakan Pengembangan Model The BIG6. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 97-106.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 MILLA TAQWINA, Pratiwi Anindita Adji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








