Kesediaan Kesediaan Untuk Berbagi Isi Repository

Authors

  • Wisnu Putri Airmas Jati Tutor UT
  • Eka Evriza Universitas Terbuka

Keywords:

Open access, plagiarism, readiness, willingness, plagiarisme

Abstract

Open Access telah muncul selama lebih dari dua dekade. Eksperimen itu sendiri dilakukan sekitar tahun 1980-an tetapi baru bisa direalisasikan pada tahun 1990-an. Banyak negara telah menyatakan kesiapan mereka untuk Open Access ke pengetahuan mereka. Meskipun pada awalnya Open Access hanya untuk artikel, sekarang Open Access telah diterapkan untuk buku, repositori, sumber daya pendidikan, dan sebagainya. Namun, tidak semua perpustakaan benar-benar siap untuk Akses Terbuka. Ada berbagai alasan di balik ketidakmauan mereka untuk membuka sumber daya mereka. Di Indonesia, beberapa perpustakaan telah menerapkan Open Access untuk sumber dayanya, tetapi ada juga perpustakaan yang tidak mau membuka aksesnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apa yang melatarbelakangi kesediaan dan ketidakmauan mereka terhadap sistem Open Access.

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengetahui (1) kesediaan perpustakaan untuk membuka akses sumber dayanya; tantangan untuk menerapkan Akses Terbuka untuk sumber daya mereka; dan (2) kesempatan bagi perpustakaan untuk menyediakan Akses Terbuka ke sumber daya mereka.

Penulisan artikel ini pada dasarnya bersifat kualitatif. Wawancara dilakukan dengan pustakawan untuk mengetahui pemahaman mereka tentang Open Access dan kesiapan mereka untuk berbagi sumber daya mereka sebagai Open Access berkaitan dengan kebijakan, sumber daya, struktur organisasi, dan pengalaman mereka sebelumnya. Penelitian ini juga didukung oleh data sekunder dari situs web untuk mengetahui apakah kontennya tersedia online secara gratis dan bagaimana memanfaatkan konten tersebut.

Rata-rata, pustakawan memiliki pemahaman yang terbatas tentang apa yang dimaksud dengan Akses Terbuka karena terbatasnya sumber daya yang tersedia bagi mereka. Institusi biasanya lebih kuat dalam pengambilan keputusan dan pustakawan sering merasa sulit untuk memastikan manajemen mengenai ide-ide mereka.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Wisnu Putri Airmas Jati, & Evriza, E. (2024). Kesediaan Kesediaan Untuk Berbagi Isi Repository. LIVRE : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/livre/article/view/9109

Issue

Section

Articles