Upaya Meningkatkan Literasi Digital Bagi Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Paramadina
DOI:
https://doi.org/10.33830/livre.v1i2.9262Keywords:
Literasi Digital, Perguruan Tinggi, Perpustakaan, Digital Literacy, LibraryAbstract
Abstrak
Perkembangan teknologi dan informasi di era digital berkembang dengan cepat, membuat perpustakaan perlu beradaptasi dengan memberikan fasilitas dan layanan berbentuk digital untuk pemustakanya. Namun masih banyak pemustaka yang belum memiliki kemampuan literasi digital yang memadai untuk menggunakan dan memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan berbentuk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh perpustakaan di Universitas Paramadina untuk meningkatkan literasi digital pemustakanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan program yang dilakukan oleh perpustakaan Universitas Paramadina sebagai upaya untuk meningkatkan literasi digital pemustakanya dapat dikatakan berhasil dengan melihat peningkatan data dari penggunaan teknologi digital, mencari dan mengakses sumber informasi ilmiah yang disediakan oleh perpustakaan Universitas Paramadina.
Kata kunci: Literasi Digital, Perpustakaan, Perguruan Tinggi
Abstract
The development of technology and information in the digital era is growing rapidly, making it necessary for libraries to adapt by providing digital facilities and services for their users. However, there are still many users who do not have adequate digital literacy skills to use and utilize digital library facilities and services. This study aims to determine the efforts made by the library at Paramadina University to improve the digital literacy of its users. The method used in this study is descriptive research using a qualitative approach. Determination of informants through the purposive sample method. Data collection through observation, interviews and document studies. The results of the study show that the program carried out by the Paramadina University library as an effort to improve the digital literacy of its users can be said to be successful by looking at the increase in data from the use of digital technology, searching for and accessing scientific information sources provided by the Paramadina University library.
Keywords: Digital Literacy, Library, University.
References
Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Hadi Saputra, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291
Ariani, R., Kusumarani, R., Parlina, A., & Wardiyono, W. (2023). Pengukuran Indeks Literasi Digital di Perpustakaan Khusus Indonesia. Media Pustakawan, 30(1), 56–67. https://doi.org/10.37014/medpus.v30i1.3472
Basuki, S. (2014). Pengantar Ilmu Perpustakaan (1st ed.). Universitas Terbuka.
Fatimah, I., & Hidayati, D. (2023). Program Literasi Digital sebagai Upaya Mengembangkan Budaya Literasi di SMP. Jurnal Basicedu, 7(6), 3535–3547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.5838
Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Samudra Biru.
Laksmi. (2022). Metode Penelitian Perpustakaan (A. Canty & S. S. Wahyuningsih, Eds.; 2nd ed.). Universitas Terbuka.
Mashuri, C., Permadi, G. S., Vitadiar, T. Z., Mujianto, A. H., Cakra, R., Faizah, A., & Kistofer, T. (2022). Buku Ajar Literasi Digital. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Purwanza, S. W., Wardhana, A., Mufidah, A., Renggo, Y. R., Hudang, A. K., Setiawan, J., Darwin, Badi’ah, A., Sayekti, S. P., Fadlilah, M., Nugrohowardhani, R. L. K. R., Amruddin, Saloom, G., Hardiyani, T., Tondok, S. B., Prisusanti, R. D., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (A. Munandar, Ed.). CV Media Sains Indonesia.
Purwono. (2022). Profesi Pustakawan (N. Hikmah & Sutartono, Eds.; 2nd ed.). Universitas Terbuka.
Rahayu, L., Anggraeni, R., Sumiati, O., Makariam, L., & Permatasari, R. B. (2015). Layanan Perpustakaan (1st ed.). Universitas Terbuka.
Rahayu, R. N., & Royani, Y. (2022). Webinar Ilmu Perpustakaan, Dokumentasi Dan Informasi Di Indonesia Selama Pandemi Covid 19 Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah Kawasan Puspitek Serpong 2 Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah Kawasan Jakarta. In Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia (Vol. 7, Issue 1). www.youtube.com
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Jurnal Kehumasan, 1, 72–87.
Rochmah, E. A. (2016). Pengelolaan Layanan Perpustakaan. Ta’allum, 04(02), 277–292.
Rushendi, R.-. (2018). Keputusan pemustaka dalam penelusuran informasi di Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(1), 15. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i1.14502
Silalahi, D. E., Handayani, E. A., Munthe, B., Simanjuntak, M. M., Wahyuni, S., Mahmud, R., Jamaludin, Laela, N. A., Sari, D. M. M., Hakim, A. R., & Safii, Moh. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya (Herman, Ed.). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Supriati, E. (2021). Manajemen perpustakaan dalam mendukung gerakan literasi digital di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Madiun. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 201. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i2.30867
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Basyir Kamil, Wiji Suwarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.








