MOTIVASI PEMUSTAKA DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM (Studi Deskriptif pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik)

Authors

  • Nur Cholifah Universitas Terbuka

Keywords:

layanan, motivasi, pemustaka, perpustakaan umum, layanan perpustakaan, library services, motivation, public library

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis motivasi pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan umum, dengan fokus pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui pengisian kuisioner dengan pemustaka aktif dari berbagai latar belakang yang menggunakan layanan perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan umum sangat beragam dan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut meliputi kebutuhan informasi, minat pribadi, rekomendasi dari teman atau keluarga, serta persepsi terhadap kualitas layanan perpustakaan. Selain itu, faktor-faktor eksternal seperti ketersediaan koleksi yang relevan, kenyamanan fasilitas, dan promosi layanan juga berperan penting dalam memotivasi pemustaka untuk menggunakan perpustakaan. Tantangan dalam meningkatkan partisipasi pemustaka di kalangan generasi muda yang lebih terbiasa dengan sumber informasi digital dan online menjadi salah satu masalah dalam meningkatkan layanan perpustakaan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan umum, khususnya di Kabupaten Gresik. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, menyediakan koleksi yang relevan, serta melakukan promosi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi pemustaka dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Nur Cholifah. (2024). MOTIVASI PEMUSTAKA DALAM MEMANFAATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM (Studi Deskriptif pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gresik). LIVRE : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1). Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/livre/article/view/9327

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.