Memanfaatkan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Menumbuhkan Literasi di SDS Muhammadiyah Sungailiat

Authors

  • Miswara Miswara Program Studi Ilmu Perpustakaan, Universitas Terbuka
  • La Ode Rusadi Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33830/livre.v1i2.9518

Keywords:

Literasi, Pemanfaatan teknologi informasi, Teknologi

Abstract

Abstrak

Teknologi informasi adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi informasi sudah merupakan kebutuhan semua orang termasuk kalangan anak-anak pada masa sekarang. Dengan fenomena ini dapat memberikan dampak positif dan juga dampak negatiF. Dampak negatif terutama bagi anak-anak yaitu menurunnya literasi anak-anak pada masa sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa untuk meningkatkan literasi anak-anak pada era teknologi sekarang maka kita harus menggunakan teknologi juga. Pemanfaatan teknologi yang dapat kita lakukan misalnya penggunaan gadget (smartphone). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi. Observasi yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan pilihan kepada anak-anak di sekolah antara membaca lewat buku atau menonton film lewat smartphone. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar anak-anak memilih smarthphone dibandingkan buku. Meskipun ada beberapa anak-anak yang memilih buku tapi daya tarik smartphone lebih memikat anak-anak daripada buku. Menurut mereka, cerita yang mereka pahami lewat menonton lebih menarik daripada membaca langsung. Dalam penelitian ini saya menemukan bahwa anak-anak cenderung menyukai bentuk audio visual daripada teks. Penelitian ini menyarankan kepada pihak sekolah agar dapat memanfaatkan penggunaan teknologi informasi guna meningkatkan literasi anak-anak atau pihak sekolah bisa juga mulai mengubah perpustakaan manual menjadi perpustakaan digital sehingga anak-anak akan lebih tertarik.

Kata kunci: Literasi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Teknologi.

 

Abstract

Information technology is a general term for any technology that helps humans create, change, store, communicate, and disseminate information. Information technology is a necessity for everyone, including children today. This phenomenon can have both positive and negative impacts. The negative impact, especially for children, is the decline in children's literacy. This research aims to explain that to increase children's literacy in the current technological era, we must use technology too. The use of technology that we can, for example, use gadgets (smartphones). The method used in this research is descriptive qualitative. The data collection technique was carried out by making observations. The observations were carried out by giving children at school a choice between reading through books or watching films on smartphones. This research found that most children choose smartphones over books. Even though some children choose books, the appeal of smartphones attracts children more than books. According to them, the stories they understand through watching are more interesting than reading directly. In this research, I found that children tend to prefer audio-visual forms rather than text. This research suggests that schools can take advantage of the use of information technology to increase children's literacy or that schools can also start changing manual libraries into digital libraries so that children will be more interested.

Keywords: Literacy, Technology, Use of Information Technology

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 3(1), 123-133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Caesarani, S., Prabawati, A. T., Nuryani, N., Purnamasari, A., Fitri, F., Novianti, N., & Sunarya, M. (2022). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MA PONPES AL ISLAM. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(1), 42-50. https://doi.org/10.46306/jub.v2i1.60

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/2977

Ginting, D., Fitri, D. I., Mulyani, Y. S., Ismiyani, N., & Sabudu, D. (2021). Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Abad ke-21. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Hastini, L., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10-15. DOI: 10.55215/jppguseda.v2i1.988

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121-125. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.622

Husaini, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e- education). MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 2(1). https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/mikrotik/article/view/314

Ilato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap minat belajar siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 70-79. DOI: https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.5464

Irfandi, I., Mualif, A., Alhairi, A., Akbar, H., Mailani, I., Rahayu Ningsih, J., Putri Musdansi, D., Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BAGI ANAK: PKM. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 74 - 79. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1.3092

Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175-182. DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4381

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Miswara, M., & Rusadi, L. O. (2024). Memanfaatkan Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Menumbuhkan Literasi di SDS Muhammadiyah Sungailiat. LIVRE : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 147–153. https://doi.org/10.33830/livre.v1i2.9518