Analisis Kinerja Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Menggunakan Metode PIECES

Authors

  • Sofyan Ar Rasyid UIN Raden Fatah Palembang
  • Freddy Kurnia Wijaya Universitas Islam Negeri Raden Fatah

DOI:

https://doi.org/10.33830/saintek.v1i1.10045.2024

Keywords:

analisis, kinerja, sistem, LAPOR, PIECES

Abstract

Aplikasi LAPOR di Dinas Kominfo Kota Palembang merupakan salah satu sistem informasi pelayanan kepada masyarakat guna mengelola pengaduan dan aspirasi dari masyarakat Kota Palembang secara efektif dan terintegrasi. Akan tetapi, dari awal diimplementasikannya aplikasi ini, belum pernah dilakukan evaluasi terhadap sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan serta kinerja pelayanan pada sistem. Pengujian ini dilakukan dengan evaluasi kinerja dari perspektif pengguna dengan memakai metode PIECES. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara dan penyebaran kuesioner, yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 responden para pengguna aplikasi secara langsung. Hasil analisis kinerja aplikasi LAPOR menggunakan metode PIECES dari keseluruhan kategori mendapat hasil kriteria yang baik, kategori dengan hasil tertinggi ada pada kategori Performance dengan nilai 3,4 dan Economic dengan nilai 3,3, dan kategori dengan hasil terendah yaitu kategori Control/Security yang mendapat kriteria baik tetapi masih perlu ditingkatkan lagi kinerja dari kategori tersebut sebab sering terjadi error. Untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta meningkatkan kinerja aplikasi, maka diperlukan adanya perbaikan atau peningkatan kinerja pada sistem control/security yang mendapat nilai 3,1. Sebab suatu sistem yang sering terjadi error akan sangat mempengaruhi pengalaman dan kenyamanan pengguna serta keamanan aplikasi itu sendiri.

References

Hasdiana, U. (2018). Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Tahun 2020. Analytical Biochemistry, 1-5.

Kominfo. (2021, 9 September). Berita Pemerintahan. Diambil kembali dari Kementerian Komunikasi dan Informatika: kominfo.go.id

Pakaya, P., Raupu, R., Tuloli, M.S., & Muthia. (2023). Analisis Kinerja Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Menggunakan Metode Pieces. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 3(2), 32-44. https://doi.org/10.37031/diffusion.v3i2.19862

Pakaya, P., Hadjaratie., Polin, Muchlis., & Yusuf, R. (2024). Analisis Kinerja Sistem dan Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi LAPOR Menggunakan Metode PIECES Framework di Dinas Kominfo Kota Gorontalo. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 237-244. https://doi.org/10.37031/diffusion.v4i2.25285

Rachman, R. (2021). Analisa Kesuksesan E-Government Lapor dengan Model Delone-Mclean dan Metode PLS-SEM. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 357. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1236

Sarif, Hazani., Bustami, E., & Khairi, A. (2023). Analisis Penerapan Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik (Diskominfo) Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 5(8), 765-779.

Sudarsono. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Disposisi Online Menggunakan Metode Piece. Jurnal Ekonomi, 18(1), 41-49.

Downloads

Published

2024-09-23

Issue

Section

Articles