Probolinggo Analisis Spasial Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Probowangi terhadap (Usaha Kecil Menengah) UMKM di Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Krieshna Bayu Pakusa Dewo Universitas Terbuka
  • Hasrianti Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/saintek.v2i1.13119.2025

Keywords:

jalan tol Probowangi, analisis spasial, perkembangan UMKM

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan tol, seperti Jalan Tol Probolinggo–Banyuwangi (Probowangi), memiliki peran strategis dalam meningkatkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi regional. Salah satu wilayah yang terdampak langsung adalah Desa Sumberkedawung di Kabupaten Probolinggo, di mana perubahan tata guna lahan dan dinamika ekonomi masyarakat, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menjadi fenomena menarik untuk dikaji. Penelitian ini mengkaji hubungan spasial antara pembangunan Jalan Tol Probolinggo– Banyuwangi (Probowangi) dengan perkembangan UMKM di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, memetakan, dan menganalisis perubahan ekonomi lokal yang terjadi akibat pembangunan infrastruktur strategis nasional tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, melalui pemanfaatan sistem informasi geografis (SIG) untuk analisis buffer dan overlay, serta didukung oleh data scraping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis spasial terhadap distribusi UMKM di Desa Sumberkedawung selama periode 2018-2025,   Analisis Hotspot menunjukkan aksesibilitas sebagai faktor utama pembentukan klaster UMKM, terutama di koridor transportasi dekat persimpangan kereta api dan jalan tol. Pola ini mencerminkan adaptasi usaha terhadap perubahan aksesibilitas dan aliran konsumen. Peningkatan aksesibilitas mendorong transformasi ekonomi desa melalui diversifikasi usaha dan perluasan skala ekonomi., dapat disimpulkan bahwa pembangunan Jalan Tol Probowangi telah memberikan pengaruh transformatif terhadap perkembangan ekonomi lokal. Perubahan spasial yang teridentifikasi meliputi peningkatan jumlah UMKM sebesar 130%, perluasan sebaran spasial yang semakin merata, serta pembentukan pola dan klaster ekonomi baru yang terintegrasi dengan jaringan infrastruktur transportasi. Diperlukan kebijakan yang mampu menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi dengan pelestarian lingkungan dan ketahanan pangan lokal.

References

Ahmad, F. salam. (2022). Dampak Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah. JURNAL EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.29244/jekp.11.1.2022.1-18

Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto, S. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9iNo.1.307

Alviana, K., Agnestia, Lumbantobing, L., & Irsyad, A. (2023). Analisis Buffer Dalam Sistem Informasi Geografis Untuk Pemilihan Jarak Terdekat Pom Bensin Dari Jangkauan Gedung Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Kreatif Teknologi Dan Sistem Informasi (KRETISI), 1(2), 40–45. https://doi.org/10.30872/kretisi.v1i2.356

BPS Kabupaten Probolinggo. (2018). Kabupaten Probolinggo Dalam Angka 2018.

BPS Kabupaten Probolinggo. (2020). Kabupaten Probolinggo Dalam Angka 2020.

BPS Kabupaten Probolinggo. (2024). Kabupaten Probolinggo Dalam Angka 2024.

Butar Butar, H. W., & Rahayu, E. (2023). Dampak Sosial Dan Ekonomi Pembangunan Jalan Tol Mktt Terhadap UMKM Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4118

Hamidi, W., Medhi, P., & Tampubolon, D. (2023). Dampak Keberadaan Jalan Tol Bangkinang-Pekanbaru Terhadap Usaha Masyarakat di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Journal Economy and Currency Study (JECS), 5(1), 118–128. https://doi.org/10.51178/jecs.v5i1.1587

Latue, P. C., Manakane, S. E., & Rakuasa, H. (2023). Analisis Perkembangan Kepadatan Permukiman di Kota Ambon Tahun 2013 dan 2023 Menggunakan Metode Kernel Density. Blend Sains Jurnal Teknik, 2(1), 26–34. https://doi.org/10.56211/blendsains.v2i1.272

Manullang, J., & Samosir, H. (2019). Pengaruh pembangunan jalan tol medan-tebing tinggi terhadap usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Finansial Indonesia, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.31629/jiafi.v3i1.1516

Muqsith, A., Wafi, A., & Ariadi, H. (2022). Peta Tematik Kesesuaian Paramater Fisika Air Untuk Budidaya Rumput Laut (Eucheuma cottoni). Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 13(1), 32–43. https://doi.org/10.35316/jsapi.v13i1.1619

R, N. J., Zikria, V., & Safrida, S. (2024). Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Kondisi Ekonomi di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 9(4), 161–168. https://doi.org/10.17969/jimfp.v9i4.32256

Ramandei, L. (2024). Pengaruh Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Transportasi terhadap Perubahan Lahan Pertanian di Kelurahan Koya Barat Distrik Muara Tami Kota Jayapura. Jurnal Wilayah Dan Kota, 10(02), 60–73. https://doi.org/10.34010/jwk.v11i02.12309

Ridwan, V. F. (2021). Penerapan Buffer Analysis dalam bidang Teknik Sipil dan Lingkungan. Journal of Applied Civil and Environmental Engineering, 1(2), 61–66.

Suryaningsih, W., Siregar, H., & Mulatsih, S. (2024). Pengaruh Pembangunan Jalan Tol terhadap Perubahan Tata Guna Lahan dan Luas Lahan Sawah di Kabupaten Brebes. TATALOKA, 26(3), 154–164. https://doi.org/10.14710/tataloka.26.3.154-164

Valgunadi, A. N., Zidanarta, M. B., Rahmalia, A., & Arrasyid, R. (2023). Analisis Hotspot (Getis Ord Gi*) Dan Average Nearest Neighbour (ANN) Pada Sebaran Pariwisata di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.58127

Widad, R., & Aldiansyah, Z. (2025). Dampak Pembangunan Jalan Tol Probolinggo Banyuwangi (Probowangi) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Petani di Desa Demung Kecamatan Besuki. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6(6). https://doi.org/10.47467/elmal.v6i6.7896

Downloads

Published

2025-09-30