Penerapan Rantai Markov untuk Menganalisis Perilaku Perpindahan Merek Platform Streaming Online

Penulis

  • Dewi Resti Permatasari Universitas Terbuka
  • Asmara Iriani Tarigan Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/saintek.v1i1.10038.2024

Kata Kunci:

perpindahan merek, platform streaming online, rantai markov, steady state

Abstrak

Platform streaming online kini lebih diminati daripada TV lokal, diantaranya adalah Netflix, Disney+ Hotstar, HBO GO, Prime Video, VIU, WeTV, dan Bioskop Online. Penelitian ini bertujuan memprediksi pangsa pasar di beberapa periode kedepan dan menemukan kondisi steady state menggunakan Rantai Markov pada perpindahan merek platform streaming online. Rantai Markov merupakan salah satu model stokastik yang dapat digunakan untuk memprediksi varibel di masa yang akan datang hanya dengan data kondisi saat ini. Sementara perpindahan merek adalah perilaku pelanggan yang beralih dari merek yang biasa dipilih ke merek lain. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner polling di sosial media instagram kepada 200 responden. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengumpulkan data, menyusun pola perpindahan merek, menghitung probabilitas transisi pada setiap state, menyusun matriks probabilitas transisi, menentukan vektor distribusi probabilitas awal, memprediksi probabilitas pangsa pasar sampai 36 periode mendatang dengan bantuan Ms. Excel, dan menemukan titik ekuilibrium untuk memperoleh kondisi steady state. Dari pengolahan data tersebut memperoleh kondisi steady state pada periode ke-34 dengan probabilitas masing-masing merek platform streaming online: Netflix 26,6%, Disney+ Hotstar 9%, HBO GO 0%, Prime Video 13,4%, VIU 7,2%, WeTV 6,1%, Bioskop Online 11%, dan merek lainnya 26,7%.

Referensi

Angelina, D. (2022). Goodstats.id: Platform Video Streaming Paling digemari Masyarakat Indonesia 2022. Diakses pada 06 Juni 2024, https://goodstats.id/article/platform-video-streaming-paling-digemari-masyarakat-indonesia-2022-qzfPB

Arpan, Y., & Dewi, P. (2018). Analisis Brand Switching Pengguna Transportasi Online Gojek dengan Metode Markov Chain di Kota Bandar Lampung. VALID Jurnal Ilmiah, 15 (2), 151-162. https://journal.stieamm.ac.id/valid/article/download/72/50/109

Azizah, A., & Sari, R. (2021). Analisis Brand Switching dan Strategi Pemasaran Bubble Tea Menggunakan Markov Chain dan Game Theory. Jurnal Optimalisasi, 7 (1). www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi

Bona, M.F. (2022). Investor.id: Investor Indonesia Pastikan Internet Tidak Gantikan Peran Televisi. Diakses pada 12 Mei 2024, https://investor.id/it-and-telecommunication/315751/nielsen-indonesia-pastikan-internet-tidak-gantikan-peran-televisi

Halim, R., & Sitompul, P. (2024). Analisis Brand Switching dan Strategi Pemasaran Menggunakan Markov Chain dan Game Theory di Kota Medan. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 3 (1), 412-423. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2548

Mangku, I.W. (2021). Proses Stokastik Dasar. Bogor: IPB Press.

Monita, R. (2023). Marketeers.com: Apa itu Brand Switching? Definisi dan Penyebabnya. Daikses pada 06 Juni 2024, https://www.marketeers.com/apa-itu-brand-switching-definisi-dan-penyebabnya/

Nurhamiddin, F. & Sulisa, F. (2019). Peramalan Cuaca Menggunakan Metode Rantai Markov (Studi Kasus: Rekaman Cuaca Harian di Kantor BMKG Kota Ternate). Jurnal BIOSAINTEK, 2 (1), 16-22. https://doi.org/10.52046/biosainstek.v2i01.312.16-22.

Nuryam, S., Arman, Muhtar, N., Jufra, & Gubu, L. (2022). Aplikasi Analisis Rantai Markov untuk Memprediksi Status Pasien Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kabupaten Buton. Jurnal Matematika, Komputasi, dan Statistika, 2 (2). http://jmks.uho.ac.id/index.php/journal.

Phasa, A., & Astuti, Y. (2021). Analisis Perilaku Brand Switching dengan Metode Rantai Markov. Jurnal Ilmiah Matematika, 09 (01). https://doi.org/10.26740/mathunesa.v9n1.p212-219.

Respatiwulan, dkk. (2022). Pengenalan Beberapa Penerapan Model Stokastik. Yogyakarta : Deepublish Publisher.

Santoso, L., Rajagukguk, R., Wilantara, I., Putera, J., Nurahmadiningsi, & Octavanny, M. (2023). Aplikasi Rantai Markov pada Perpindahan Pelanggan Merek Sabun. Jurnal Matematika, 13 (1), pp. 56-67. 10.24843/JMAT.2020.v13.i01.p160.

Sausan, Sari, E.P.K., & Lahmadi, A.M.U. (2024). Peramalan Cuaca Harian di Kota Purwokerto Menggunakan Metode Rantai Markov. Jurnal Matematika dan Terapan, 6 (1), 17-26. https://doi.org/10.21009/jmt.6.1.3.

Soedijono, B. (2019). Buku Materi Pokok MATA4344 Riset Operasional II. Tangerang : Universitas Terbuka.

Diterbitkan

2024-09-20

Terbitan

Bagian

Articles