Author Guidelines
FONT TIMES NEW ROMAN 14 CETAK TEBAL
(MAKSIMUM 12 KATA)
Penulis11), Penulis22) dst. [Font Times New Roman 10 Cetak Tebal]
1Nama Fakultas, Nama Perguruan Tinggi, (penulis 1)
email: penulis _1@abc.ac.id
2Nama Fakultas, nama Perguruan Tinggi, (penulis 2)
email: penulis _2@cde.ac.id
Abstrak/ Abstract [Times New Roman 11 Cetak Tebal dan Miring]
Abstrak/Abstract ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Abstrak/Abstract harus jelas, deskriptif, dan harus memberikan gambaran singkat mengenai masalah yang diteliti. Abstract meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, metode penelitian dan ringkasan hasil penelitian. Abstrak/Abstract harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat. Abstrak/Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal, dan cetak miring).
Keywords: Maksimum5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma,(sesuai dengan ruang lingkup artikel dan jurnal). [Font Times New Roman 11 spasi tunggal, dan cetak miring]
PENDAHULUAN [Times New Roman 12 bold]
Format umum artikel yang akan dipublikasikan pada Jurnal Diftong Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonnesia adalah artikel dipersiapkan dalam Bahasa Indonesia berupa softcopy di Ms. Word dengan format ukuran kertas A4. Batas tepi : atas = 4 cm, bawah = 3 cm, sisi kiri = 4 cm, Sisi kanan = 3 cm. Ukuran paragraf menjorok adalah 0,5 cm. Penulisan artikel dengan huruf [Times New Roman, 12, normal], spasi 1. Jumlah halaman minimal 4 halaman dan maksimal 10 halaman.
Pendahuluan mencakup latar belakang atas suatu permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan penelitian. Tujuan penelitian dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis dimasukkan dalam bagian ini. Jika ada penelitian sebelumnya yang relevan, juga dapat dibahas di bagian ini. [Times New Roman, 12, normal].
METODE PENELITIAN
Metode penelitian menjelaskan pendekatan, rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.[Times New Roman, 12, normal], spasi 1. Format gambar png/jpg. Pembuatan tabel dapat disesuaikan dengan contoh tabel 1.
Tabel 1. Contoh Format Tabel
No |
Indikator |
Keterangan |
1 |
Indikator |
|
2 |
Indikator |
|
3 |
Indikator |
|
4 |
Indikator |
|
Sumber: Hasil Pengolahan Data, 2022
SIMPULAN
Simpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
UCAPAN TERIMA KASIH
Berisi ucapan terima kasih kepada lembaga pemberi dana/individu, dan atau yang telah membantu dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan, baik pemberi dana penelitian, beasiswa, dll. Bagian ini bersifat opsional. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
REFERENSI
Bagian referensi harus mencakup semua karya terbitan yang relevan dan semua referensi yang terdaftar harus dikutip dalam teks. Penulis harus memeriksa keakuratan semua referensi kutipan yang terdaftar, karena Prosiding Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak akan bertanggung jawab atas kutipan referensi dalam teks yang salah.
Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan style APA kemudian disusun secara alfabetis.Jumlah rujukan minimal 15 referensi dengan ketentuan terbitan 5 tahun terakhir, 70% bersumber dari jurnal nasional/ internasional, 30% buku, prosiding dll. [Times New Roman, 12, normal], spasi 1.
Contoh penulisan referensi:
Haliza, N. Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) dalam Memahami Bahasa. Genre, 2(1),-5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051
Qomariah, W. F., Vebrianto, R., Anwar, A., Pgmi, M., & Riau, S. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 pada Jenjang Sekolah Dasar Winda Fajar Qomariah, dkk. Jurnal Pendidikan, 6(2), 82–86. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/13983/8736
Layout Naskah
Penulis diharapkan menggunakan panduan ini secara langsung. Artikel harus terbebas dari konten yang mengandung plagiat. Penulis disarankan menggunakan software pendeteksi plagiat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kemiripan konten. Editor akan mendeteksi naskah dengan menggunakan aplikasi Turnitin dengan batas maksimum plagiat sebesar 30%.
Bullet dan Numbering
Penulis disarankan untuk tidak menggunakan numbering (1,2,3..,a,b,c dst) dalam pembahasan naskahnya, tetapi ubah menjadi dalam bentuk kalimat. Hindari menggunakan Bullet/daftar berurut dengan simbol *, √ dan lainnya.