PENGEMBANGAN JARINGAN BISNIS BADAN USAHA MILIK DESA DI DESA GITA, KECAMATAN OBA, KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Nurdin Universitas Khairun
  • Johan FAHRI Universitas Khairun
  • Irfandi BUAMONABOT Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v2i2.1032

Keywords:

BUMDes Management, Desa Wisata, Manajemen BUMDes, Promosi, promotion, Tourist village

Abstract

The purpose of this community devotion activity is to develop business networks, especially promoting the development of Gita Village as a tourist village. The method used was tutorial approach, Question-and-answer session. The end result of this activity was the Village Government, BUM Village Management, and the community understands the importance of networking and promotion aspects in the development of a business, specifically on the Development of Gita Village as one of the tourist villages in the Province of North Maluku.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan jejaring bisnis khususnya poromosi dalam mengembangkan Desa Gita sebagai desa wisata. Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramah dan tanya jawab. Hasil akhir kegiatan ini adalah Pemerintah Desa, Pengurus BUM Desa, dan masyarakat memahami tentang pentingnya aspek jejaring (networking) dan promosi dalam pengembangan sebuah bisnis, khususnya pada Pengembangan Desa Gita sebagai salah satu desa wisata di Provinsi Maluku Utara.

Author Biographies

Nurdin, Universitas Khairun

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Johan FAHRI, Universitas Khairun

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Irfandi BUAMONABOT, Universitas Khairun

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

References

https://www.bumdesbersama.id/holding/Bumdesma Sebagai Agen Pembangunan Desadan Hubungannya dengan Pemerintah Desadiunduh pada tanggal 13 Maret 2019.
https://money.kompas.com/read/2017/03/27/185143526/jumlah.bumdes.mencapai.18.446.unitJumlah BUMDes Mencapai 18.446 Unit. Diunduh pada tanggal 14 Maret 2019.
Nurcholis, H. 2011.Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemeritahan Desa. Jakarta, Erlangga.
Widodo, E. 2015. Membangun Jaringan yang Menguntungkan dan Berkelanjutan. https://swa.co.id/swa/review/book-review/membangun-jaringan-yang-menguntungkan-dan-berkelanjutan diunduh pada tanggal 11 Maret 2019.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Badan Usaha Milik Desa
Prasetyo, R.A. 2016. Peranan Bumdes dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika. Volume XI No.1
Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Downloads

Published

2020-09-15

Issue

Section

Articles