PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS BUMDES MELALUI SISTEM INFORMASI E-COMMERCE SEBAGAI SARANA PEMASARAN PRODUK DESA TIMORENG PANUA KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG, SULAWESI SELATAN

  • aksal mursalat Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muhammad Rais Rahmat Razak Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: BUMDES, e-commerce, Agribisnis Store

Abstract

The development of information technology is currently developing very rapidly, especially in terms of mastery of e-commerce information system technology applications. The increasingly rapid development of e-commerce information system technology can be utilized by the community in various fields of life, especially for BUMDES productivity activities in marketing their products. Timoreng Panua Village is one of the villages that has developed BUMDES and has been doing business in the agricultural sector, such as selling fertilizers, seeds, and medicines to combat pests and diseases. However, currently, sales are still carried out manually so that product marketing is still local or limited to residents around the village environment. The purpose of this community service activity is to increase the productivity of the Timoreng Panua BUMDES, especially in terms of marketing its products widely by utilizing e-commerce information system technology through the Agribusiness Store application. The method of implementation carried out is participatory in that in this service the community is proactively involved directly in carrying out activities by involving various stakeholders who are not only from the BUMDES team and group but involve other academics from the Muhammadiyah University of Sidenreng Rappang such as students who are carrying out KKN in the Village. Timoreng Panua in solving priority problems in the partner group totaling 30 participants from BUMDES, village communities, and students. This synergy is carried out to achieve the goals and objectives of the program to be implemented. This service has carried out several activities including counseling on the Agribusiness Store application marketing model, counseling on the explanation of the benefits of the Agribusiness Store application, and the use of the Agribusiness Store application.

Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang sangat pesat, terutama dalam hal penguasaan aplikasi teknologi sistem informasi e-commerce. Perkembangan teknologi sistem informasi ecommerce yang semakin pesat tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan khususnya bagi kegiatan produktivitas BUMDES dalam memasarkan hasil produknya. Desa Timoreng Panua merupakan salah satu desa yang mengembangkan BUMDES dan sudah melakukan bisnis di bidang pertanian seperti penjualan pupuk, bibit dan obat-obatan pembasmi hama dan penyakit. Namun, saat ini penjualan yang dilakukan masih secara manual sehingga pemasaran produk masih bersifat lokal atau terbatas pada warga disekitar lingkungan desa saja. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk meningkatkan produktivitas BUMDES Timoreng Panua khususnya dalam hal memasarkan hasil produk secara luas dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi e-commerce melalui aplikasi Agribisnis Store. Metode pelaksanaan yang dilakukan bersifat parsipatori dimana dalam pengabdian ini masyarakat secara proaktif terlibat langsung dalam melaksanakan kegiatan dengan melibatkan berbagai stakeholder yang bukan hanya dari pihak tim dan kelompok BUMDES, tetapi melibatkan pihak akademisi lainnya dari Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang seperti mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN di Desa Timoreng Panua dalam menyelesaikan prioritas permasalahan pada kelompok mitra berjumlah 30 peserta dari BUMDES, masyarakat desa dan mahasiswa. Sinergi ini dilakukan agar tercapai tujuan dan sasaran pada program yang akan dilaksanakan. Pengabdian ini telah melaksanakan beberapa kegiatan antara lain penyuluhan model pemasaran aplikasi Agribisnis Store, penyuluhan pemaparan manfaat aplikasi Agribisnis Store dan penggunaan aplikasi Agribisnis Store.

Author Biography

Muhammad Rais Rahmat Razak, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Fakultas Sains dan Teknologi

References

Hastriyandi, H. & Munandar. (2018). Penerapan Sistem Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) “Usaha Bersama“ Desa Sebayan Kabupaten Sambas. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 189–195. https://doi.org/10.32696/ ajpkm.v2i2.201. Istiqomah, S., Fajaryanti, Y., & Dewi, A. S. (2020). Peningkatan Kinerja Bisnis Melalui Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Ukm Produk Camilan Tradisional. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 5–18. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas. v2i1.750. Karim, A. (2019). Peningkatan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). In CV. Nas Media Pustaka, Makassar. https://www.academia.edu/download/62440051/EBOOK-BUMDes 20200322-77446-186t2rg.pdf. Savitri, D. A. M., Nugroho, P. S., & Kurniasari, D. (2021). Peningkatan Kapasitas Teknis Desa Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Bumdes “Gemar” Desa Parakan, Kendal. BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 40–47. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i1.1633. Subagio, S. (2019). Perancangan E-commerce Hasil Produk BUMDES Desa N8 Labuhanbatu Dalam Meningkatkan Nilai Ekonomis bagi Ibu-ibu Rumah Tangga Desa N8. Jurnal Informasi Komputer Logika, 1(3). http://ojs.logika.ac.id/index.php/jikl/article/view/44/49.

Published
2021-09-01
Section
Articles