PENGUATAN KARAKTER UNTUK ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA

Authors

  • Mukti Amini Universitas Terbuka
  • Ngadi Marsinah Universitas Terbuka
  • Titi Chandrawati Universitas Terbuka
  • Budi Hermaini Universitas Terbuka
  • Muman Hendra Budiman Universitas Terbuka
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka
  • Sri Tatminingsih Universitas Terbuka
  • Untung Laksana Budi Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2970

Keywords:

anak usia dini, bercerita, karakter

Abstract

Karakter pada anak perlu dikembangkan sejak dini oleh pendidik, baik di rumah (Pendidikan informal) maupun di Lembaga PAUD (Pendidikan formal). Pengembangan karakter ini perlu dilakukan secara kreatif agar anak merasa nyaman, tidak merasa terpaksa dalam membangun karakter yang diharapkan. Salah satu bentuk pengembangan karakter yang sangat disukai anak adalah melalui metode bercerita. Namun, kemampuan bercerita dengan berbagai media pada guru PAUD saat ini belum terstandar. Ada beberapa guru yang memang sudah mahir bercerita, sehingga anak-anak sangat asyik menyimaknya. Namun banyak guru PAUD yang masih perlu mengembangkan kemampuan bercerita bagi anak untuk mengembangkan karakter. Abdimas ini bertujuan untuk: (1) memberikan pelatihan tentang penguatan karakter anak usia dini melalui metode bercerita ini bagi Guru PAUD, (2) mengenalkan anak usia dini dengan metode bercerita dengan cara yang sesuai dengan anak usia dini, (3) mengintegrasikan kegiatan menari dengan kegiatan bermain ke dalam pembelajaran PAUD. Kegiatan dilakukan di PAUDQu Darul Ulum, Jabon Mekar. Bogor. Berdasar pengamatan dan wawancara dengan para guru di PAUDQu, kegiatan abdimas dengan memberikan pendampingan penggunaaan metode bercerita ini sangat bermanfaat karena anak menjadi lebih bersemangat saat belajar, guru lebih mudah mengarahkan anak, guru mendapatkan berbagai masukan berharga dari tanya jawab dengan anak usai bercerita, dan guru dapat sekaligus merancang pelibatan orang tua melalui kegiatan bercerita.

References

Anon, Membangun Karakter Anak Sejak Dini, https://www.pendidikankarakter.com/membangun-karakter-sejak-pendidikan-anak-usia-dini/.

Astuti, Kun Setyaning (2011). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Seni. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hidayat, Otib Satibi. (2019). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Megawangi, Ratna. (2016). Pendidikan Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Musfiroh, T. (2005). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Saptaningsih, RI, & Septian, AP. (2018). Early Childhood Character Building Through Technological Education, https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1254/1/012048.

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles