OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK PENGUATAN IRT TEH BUNGA TELANG PENUNJANG MITIGASI PANDEMI AGROWISATA LERENG MERAPI, KABUPATEN SLEMAN

Authors

  • Oktiva Anggraini Universitas Widya Mataram
  • Masrul Indrayana Universitas Widya Mataram
  • Supriyanta Supriyanta Universitas Widya Mataram

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1A.2975

Keywords:

digital marketing, mitigasi, penguatan, teh bunga telang

Abstract

Masa pandemi Covid 19 telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat. Sebagai industri rumah tangga yang terpapar pandemi, anggota KWT Kemiri Edum kesulitan dalam memasarkan produk akibat pembatasan sosial guna mencegah penularan virus Corona. Tim PKM UWM melalui Program Kemitraan Masyarakat berupaya menyelesaikan masalah mitra KWT Kemiri Edum di desa Purwobinangun, lereng Merapi, kabupaten Sleman. Permasalahan mitra yang menjadi titik perhatian: aksesibilitas terhadap teknologi informasi terbatas; rendahnya pemahaman mitra terhadap marketing mix dan digitalisasi produk. Di samping itu, pemasaran konvensional, penggunaan pemasaran online terbatas, penyajian konten promosi mitra kurang menarik dan persuasif. Sejumlah referensi pendukung tentang pentingnya digitalisasi produk kreatif dapat menjadi solusi dalam pemasaran IRT bunga telang dari KWT Kemiri Edum. Program aksi yang dilakukan: Pertama, pelatihan teknologi informasi, pelatihan digitalisasi produk kreatif daerah dan penyuluhan potensi agrowisata bunga telang berbasis community based tourism penunjang mitigasi pandemi lereng Merapi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain metode PRA, ETB dan TI dengan teknik sosialisasi, edukasi atau penyuluhan, implementasi teknologi dan pendampingan. Serangkaian aksi bermakna ini diikuti pemberian fasilitasi alat dan monev serta evaluasi mengacu pada indikator pencapaian setiap kegiatan. Hasil PKM menunjukkan, mitra makin bertambah pengetahuan untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai media etalase penjualan produk secara online melalui IG, Youtube, Twitter dan Facebook; bertambahnya jalinan kerjasama mitra dengan stakeholder usaha yakni jumlah biro tour, hotel dan pusat oleh-oleh. Rangkaian kegiatan mampu mengubah pola pikir perilaku mitra dalam pemasaran dengan memperluas jaringan usaha ditopang bauran pemasaran online dan konvensional. memproduksi dan menjual produk agar mampu mendapatkan omzet lebih besar. Mitra memahami standar prosedur pengelolaan  desa wisata  dengan tatanan Era New Normal menuju Quality Tourism. Luaran PKM: Artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui Jurnal Nasional; satu artikel pada media cetak/elektronik; rekaman video kegiatan dan peningkatan keberdayaan mitra/rekayasa sosial.

Author Biographies

Oktiva Anggraini, Universitas Widya Mataram

FISIPOL

Masrul Indrayana, Universitas Widya Mataram

Fakultas Sains dan Teknologi

Supriyanta Supriyanta, Universitas Widya Mataram

Fakultas Ekonomi

References

Anggraini, Oktiva, Supriyanto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Perikanan di Era Industri 4.0?, Prosiding Seminar dan Seminar dan Lokakarya Kualitatif Indonesia: Pengembangan Budaya Penelitian Menuju Indonesia 4.0, Universitas Matana, ARA Center, Tangerang. ISBN 978-623-90796-0-4 DOI: 10.33510/slki.2019..

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229.

Charlesworth, A. (2018). Digital marketing: A practical approach. New York, NY: Routledge.

Mashfufah, A. (2019). Kajian hukum jasa endorse dalam media sosial (Instagram): Studi pada akun lambe turah. Journal of Islamic Business Law, 3(1), 40–50.

Purwandhani, Siti N., Kusumastuti, C.T., & Indroprahasto, S., (2019). Program Kemitraan Masyarakat bagi Kelompok Wanita Tani Ngupoyo Boga Godean, Sleman, Yogyakarta dalam pengolahan bunga telang. Prosiding Seminar Nasional. UNISRI. ISBN: 978-602-73158-5-3. Hal: 83-89.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Downloads

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles