STRATEGI PERLUASAN PASAR MENGGUNAKAN DIGITAL MARKETING MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN TOKO ONLINE DI KOTA BUKITTINGGI

Authors

  • Elsa Widia Universitas Perintis Indonesia
  • Dwipa Junika Putra Universitas Perintis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.3449

Abstract

Pandemi Covid-19 telah meninggalkan permasalahan yang besar di seluruh sector perekonomian, terutama para pelaku bisnis. Permasalahan ini juga dirasakan oleh pelaku usaha khususnya Anggota Sanggar Belajar Mandiri di Bukittinggi. Pelaku usaha sanggar ini bergerak di berbagai bidang yang mengalami berbagai kendala pemasaran akibat pandemi. Dalam rangka pengabdian masyarakat kali ini kami akan memberikan pelatihan mengenai peluang berbisnis menggunakan digital dan pendapingan langsung pembuatan toko online. Pelatihan ini diikuti sebanyak 60 anggota sanggar dan berlokasi di Kampus 2 Perintis Indonesia di Bukittingi. Melalui pengabdian ini diharapkan pelaku usaha yang tergabung dalam Sanggar Belajar mandiri dapat menyadari peluang besar dalam bisnis digital. Sehingga mereka dapat memanfaatkan cara tersebut untuk memperluas pemasaran produk mereka. Hasil dari pelatihan ini terlihat dari antusias para pelaku usaha untuk membuat toko online dan mempromosikan produknya. Sebanyak 75 persen anggota telah aktif menggunakan media sosial dan 25% diantaranya telah memiliki media sosial tapi belum dapat mengelola akunnya dengan baik.

References

Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Apbn. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952., 2013-2015.

Databoks. (2021, Maret). 10 Negara Asia dengan Jumlah Pengguna Internet Terbanyak (Mar 2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/14/pengguna-internet-indonesia-peringkat-ke-3-terbanyak-di-asia

Hukama, L. D., & Simon, Z. Z. (2017). Pelatihan Pendampingan Dan Pemasaran Berbasis Toko Online Bagi Ukm Herbal Sari Sehat Multifarm, Tegalwaru Ciampea Kabupaten Bogor. International Journal of Community Service Learning, 1(3), 118. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12542

Limanseto, H. (2021). Menko Airlangga: Pengembangan Ekonomi Digital di Indonesia, Tidak Hanya Target Pasar Tapi Harus Jadi Pemain Global. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Siaran Pers Hm.4.6/385/Set.M.Ekon.3/10/2021. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3433/menko-airlangga-pengembangan-ekonomi-digital-di-indonesia-tidak-hanya-target-pasar-tapi-harus-jadi-pemain-global

Pandjaitan, D. R. H. (2016). Komunikasi Bisnis. II(1), 53-64. http://repository.lppm.unila.ac.id/2300/

Saefulloh, A. A. (2021). Transformasi UMKM Go Digital Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi RUU Provinsi NTT Urgensi Penyusunan RUU PTUK. 01.

Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Bank Indonesia Dan LPPI, 1-135.

Tanoyo Ahmad; Suhartono, Ani Wijayanti, C. A. (2014). Perancangan Visual Branding Dan Promosi Oh My! Puff. Jurnal DKV Adiwarna, Vol 1, No 4 (2014): Serving the community with good design, 12. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/1950

Widia, E. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 99-114. https://doi.org/10.35309/dharma.v2i1.5234

Downloads

Published

2023-03-29

Issue

Section

Articles