MELEPAS BELENGGU C MAYOR PADA MELODIKA
DOI:
https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.3704Keywords:
Akor, Guru Kelas, Melodika, TangganadaAbstract
Salah satu kegiatan praktik musik di sekolah dasar adalah pemanfaatan alat musik melodika yang sudah lama populer di kalangan warga pendidikan di sekolah dasar dan menjadi instrumen musik yang wajib dimiliki siswa. Melalui melodika, siswa dapat berekspresi dan berkreasi, selain mengenal pengetahuan dan keterampilan bermain musik. Namun demikian tujuan ini, tampaknya belum bersambut dengan praktik baik pada pembelajaran musik, bagian dari mata pelajaran SBdP Kurikulum 2013, di sekolah-sekolah dasar. Keluasan wacana siswa dapat bermain lagu dengan berbagai tangganada pada melodika telah terkekang dengan tangganada “tunggal”. Pembiaran penyempitan pengetahuan ini telah berlangsung lama sehingga kekeliruan ini pada akhirnya menjadi suatu pembenaran. Kekeliruan yang dimaksudkan adalah timbulnya pemahaman bahwa melodika hanya dapat digunakan untuk memainkan lagu-lagu bernada dasar C Mayor saja, yang seharusnya dapat dimainkan dengan berbagai nada dasar, seperti G Mayor, F Mayor dan lain sebagainya baik mayor maupun minor. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021, tim berupaya memperbaiki kekeliruan tersebut yang selama ini tidak disadari oleh pada umumnya guru kelas, termasuk guru kelas di SD Permata Bunda. Target yang ingin dicapai dari kegiatan, adalah: Mitra guru memiliki pengetahuan dan keterampilan bermain lagu pada Tangganada G Mayor dan F Mayor (di luar Tangganada C Mayor) berikut akor tonika, subdominan, dan domainnya dengan baik dan benar, dan sekolah mitra menerima hibah 27 unit melodika dan buku saku panduan bermain melodika. Untuk mencapai target tersebut, penguatan pengetahuan dan keterampilan musik dilakukan dengan praktik/demonstrasi oleh mitra dan demonstrasi oleh tim dosen pelaksana PkM serta diskusi/konsultasi. Luaran kegiatan berupa artikel pada jurnal Diseminasi UT atau prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan dilaksanakan sebanyak lima pertemuan @ 2-3 jam dalam kurun waktu September-Oktober 2021 di SD. Permata Bunda, Depok.
Kata kunci: akor, guru kelas, melodika, tangganada
References
Brookfield, Stephen D. (1986). A Comprehensive Analysis of Principle and Effective Practices. Open University Press. https://books.google.co.id/books?
Hoffer, Charles R. (2010). The Understanding of Music. California: Wadsworth Pub. Com.
Kurikulum Sekolah Dasar Tahun 2013. Kemdikbud.
Pekerti, Widia, dkk. (2015). Metode Pengembangan Seni. Edisi I, Cetak 2, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Pono Banoe. (2003). Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright and Licensing
Diseminasi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivativeWorks 4.0 International License. Allows users to copy and distribute the Article, provided this is not done for commercial purposes and further does not permit distribution of the Article if it is changed or edited in any way, and provided the user gives appropriate credit (with a link to the formal publication through the relevant DOI), provides a link to the license, and that the licensor is not represented as endorsing the use made of the work.