PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UMKM KERIPIK CEKER MEK SULESTRI
DOI:
https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6305Abstract
Pengembangan strategi pemasaran melalui digital marketing perlu dilakukan oleh UMKM Keripik Ceker Mek Sulestri, mengingat saat ini dengan ketersediaanya jaringan internet di semua pelosok daerah terkhususnya Desa Sampalan Tengah. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peralihan pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara konvensional dan tradisional ke arah digital marketing. Untuk pengguna smartphone yang selama ini hanya digunakan hanya untuk berkomunikasi dengan bertukar pesan, sudah saatnya dugunakan sebagai media untuk memasarkan produk. Dengan begitu, produk dipasarkan secara luas dan dapat meningkatkan pendapatan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yang dilakukan melalui tahap persiapan, plaksanaan pembuatan akun digital untuk pemasaran serta tahapan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, berdampak positif bagi pelaku UMKM Keripik Ceker Mek Sulestri dalam segi pemahaman, pemanfaatan, serta kesadaran akan pentingnya pemasaran secara digital baik melalui media internet, media sosial dan media lainnya.
References
Arumsari, N. R. , L. N. , & R. T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 92–101.
Faridz, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Perubahan Desain Kemasan Terhadap Nilai Jual Abon Ikan. Jurnal Agrointek.
Subawa, N. S. , Y. M. , W. A. A. M. , & R. R. (2021). Penerapan Digital Marketing Arak Bali Produksi Desa Besan. . Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 338–344.
Suraya F., dkk. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita.
Surur, A. M. , & P. P. D. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran Umkm Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik Di Desa Domas. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 21–31.
wibowo, R. A. (2019). manajemen pemasaran.
Wijaya, D. A. , S. A. , P. J. S. , & A. T. (2020). Strategi Pemasaran Berbasis Website di Kampung Wisata Baluwarti Surakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 1043–1048.
Zahra, R. R. , & S. E. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen@ Scarlett_Whitening Di Instagram. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 485–493.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright and Licensing
Diseminasi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivativeWorks 4.0 International License. Allows users to copy and distribute the Article, provided this is not done for commercial purposes and further does not permit distribution of the Article if it is changed or edited in any way, and provided the user gives appropriate credit (with a link to the formal publication through the relevant DOI), provides a link to the license, and that the licensor is not represented as endorsing the use made of the work.