PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UMKM KERIPIK CEKER MEK SULESTRI

Authors

  • Nonny Wukirasi Wijaya Patty Universitas Pendidikan Nasional
  • Gusi Putu Lestara Permana Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6305

Abstract

Pengembangan strategi pemasaran melalui digital marketing perlu dilakukan oleh UMKM Keripik Ceker Mek Sulestri, mengingat saat ini dengan ketersediaanya jaringan internet di semua pelosok daerah terkhususnya Desa Sampalan Tengah. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peralihan pemasaran yang sebelumnya dilakukan secara konvensional dan tradisional ke arah digital marketing. Untuk pengguna smartphone yang selama ini hanya digunakan hanya untuk berkomunikasi dengan bertukar pesan, sudah saatnya dugunakan sebagai media untuk memasarkan produk. Dengan begitu, produk dipasarkan secara luas dan dapat meningkatkan pendapatan. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yang dilakukan melalui tahap persiapan, plaksanaan pembuatan akun digital untuk pemasaran serta tahapan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian ini, berdampak positif bagi pelaku UMKM Keripik Ceker Mek Sulestri dalam segi pemahaman, pemanfaatan, serta kesadaran akan pentingnya pemasaran secara digital baik melalui media internet, media sosial dan media lainnya.

References

Arumsari, N. R. , L. N. , & R. T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 92–101.

Faridz, R. (2010). Analisis Faktor-Faktor Perubahan Desain Kemasan Terhadap Nilai Jual Abon Ikan. Jurnal Agrointek.

Subawa, N. S. , Y. M. , W. A. A. M. , & R. R. (2021). Penerapan Digital Marketing Arak Bali Produksi Desa Besan. . Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 338–344.

Suraya F., dkk. (2021). Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita.

Surur, A. M. , & P. P. D. (2022). Meningkatkan Kualitas Pemasaran Umkm Melalui Inovasi Sosial Media Marketing Pada Pelaku Usaha Keripik Di Desa Domas. Al Dzahab: Journal of Economics, Management, Business and Accounting, 21–31.

wibowo, R. A. (2019). manajemen pemasaran.

Wijaya, D. A. , S. A. , P. J. S. , & A. T. (2020). Strategi Pemasaran Berbasis Website di Kampung Wisata Baluwarti Surakarta. Jurnal Inovasi Penelitian, 1043–1048.

Zahra, R. R. , & S. E. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen@ Scarlett_Whitening Di Instagram. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 485–493.

Downloads

Published

2024-09-28

Issue

Section

Articles