PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN KOMPREHENSIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAUD

Authors

  • Sri Tatminingsih
  • Budi Hermaini Universitas Terbuka
  • Mukti Amini Universitas Terbuka
  • Titi Chandrawati Universitas Terbuka
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka
  • Tedjo Djatmiko Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i2.6307

Keywords:

kegiatan pengembangan, alat permaianan komprehensif, kompetensi pedagogik, guru PAUD

Abstract

Setiap guru PAUD harus memiliki kompetensi pedagogik, khususnya kompetensi dalam merancang bahan belajar dan menerapkan pembelajaran menggunakan bahan belajar yang sesuai dengan perkembangan anak didiknya. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen Pendidikan Guru PAUD Universitas Terbuka (PGPAUD UT) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik Guru PAUD melalui kegiatan pengembangan alat permainan komprehensif (APK). Metode pelaksanaan dilakukan melalui kegiatan luring dan daring. Mitra adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang dengan peserta 20 guru PAUD/TK yang berasal dari 10 lembaga terpilih. Pengukuran pencapaian PkM dilihat dari produk APK dan Sertifikat HKI yang dihasilkan dan hasil asesmen yang dilakukan terhadap semua peserta. Hasil PkM adalah lima produk APK, lima sertifikat HKI dan peningkatan kompetensi pedagogik sebesar 37%. Rekomendasi yang dapat disampaikan adalah kegiatan Pengembangan APK dapat dilanjutkan dan disebarkan kepada guru-guru PAUD di berbagai wilayah lainnya dan Guru yang telah mengikuti kegiatan ini dapat menyebarkan ilmu dan pengalamannya kepada sejawatnya.

 

Every PAUD teacher must have pedagogical competence, especially competence in designing learning materials and implementing learning using learning materials that are appropriate to the development of their students. Community service activities (PkM) for PAUD Teacher Education Lecturers at the Open University (PGPAUD UT) aim to improve the pedagogical competence of PAUD Teachers through comprehensive game tool development activities (APK). The implementation method is carried out through offline and online activities. The partner is the Pandeglang Regency Education and Culture Office with 20 PAUD/TK teachers participating from 10 selected institutions. The measurement of PkM achievement can be seen from the APK products and IPR Certificates produced and the results of assessments carried out on all participants. The results of PkM are five APK products, five IPR certificates, and an increase in pedagogical competence of 37%. The recommendation that can be made is that APK development activities can be continued and distributed to PAUD teachers in various other regions and teachers who have participated in this activity can spread their knowledge and experience to their colleagues.

References

Ani, Y. (2021). Pelatihan guru-guru PAUD dalam mengembangkan kompetensi pedagogi. Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19, March, 719–726.

Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 366. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.8151

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Ma’ruf, E. N., & Syamsudin, A. (2021). Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 430–444. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.935

Misrawati, M., & Suryana, D. (2021). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298–306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1249

Tatminingsih, S. (2019a). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130

Tatminingsih, S. (2019b). Coloured Stick: Teaching with A Comprehensive Game for Improving Children’s Sopcial-emotional Ability in Kindergarten. KÜLÖNLEGES BÁNÁSMÓD, 5((1)), 59–65. https://doi.org/10.18458/KB.2019.1.59

Tatminingsih, S. (2021). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057–1069. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698

Wiyono, B. B. (2000). Pembinaan Kemampuan Profesional Guru di Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Mengajar Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(Juni 2007), 127–132.

Wulandari, T. C., Rahayu, S., & Pranyata, Y. I. P. (2018). Penguasaan Konsep: Berpengaruhkan Terhadap Kemampuan Mengajar? Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 65–69. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2327

Yekple, S. L. K., Vinyo, I. Y., & Kumah, M. S. (2021). Developing Literacy and Numeracy in Early Childhood Education in Ghana: The Role of Traditional Ewe Play Games. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 25(1), 215. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v25.1.2786

Yuhasriati, Y., & Yuriansa, A. (2018). Patterns playing for early childhood education: Mathematics learning for early childhood education. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012099

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles