WONOGIRI TEMPO DOELOE: MENINGKATKAN LITERASI VISUAL MELALUI PAMERAN FOTOGRAFI BERNILAI HISTORIS

Authors

  • Adi Putra Surya Wardhana Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Risky Chairani Putri Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6543

Keywords:

Wonogiri, Pameran Fotografi, Storytelling, Literasi Visual, Kesadaran Sejarah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Fotografi Institut Seni Indonesia Surakarta bertujuan untuk meningkatkan literasi visual masyarakat Wonogiri pameran fotografi bernilai historis. Berdasarkan informasi dari mitra, Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Wonogiri, tingkat literasi visual masyarakat Wonogiri masih stagnan meskipun sudah terjadi peningkatan sedikit. Kenyataan ini berkorelasi dengan kesadaran sejarah masyarakat yang masih rendah. Dampaknya adalah kreativitas dan inovatif untuk memanfaatkan potensi daerah masih belum maksimal. Oleh sebab itu, tim PKM Program Studi Fotografi ISI Surakarta merancang kegiatan pameran dan diskusi fotografi bertema Wonogiri Tempo Doeloe. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi-pelaporan. Hasil kegiatan PKM adalah terlaksananya pameran dan diskusi fotografi Wonogiri Tempo Doeloe di Baturetno Kabupaten Wonogiri pada 8 September 2023. Pameran fotografi memanfaatkan teknik storytelling agar pengunjung mendapat informasi dan pengalaman berdasarkan sumber visual dan oral. Indikator keberhasilan adalah antusiasme pengunjung dalam menanggapi kegiatan pameran dan diskusi. Pengunjung mengharapkan kegiatan pameran berbasis historis dapat dilakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian, kegiatan PKM mendatang diharapkan dapat mengajak mitra-mitra lain yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi Wonogiri melalui pameran fotografi berbasis kesejarahan.

References

Alkaaf, F. (2017). Perspectives of learners and teachers on implementing the storytelling strategy as a way to develop story writing skills among middle school students. (X. Lu, Ed.)Cogent Education, 4(1). Diambil dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/2331186X.2017.1348315

Amelia, D. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING SLIDE AND SOUND. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22. Diambil dari https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/948

Arneson, J. B., & Offerdahl, E. G. (2018). Visual Literacy in Bloom: Using Bloom’s Taxonomy to Support Visual Learning Skills. (H. Sevian, Ed.)CBE—Life Sciences Education, 17(1). Diambil dari https://www.lifescied.org/doi/10.1187/cbe.17-08-0178

Budhisantoso, S. (1985). Kesadaran Sejarah Dalam Pengembangan Kebudayaan Nasional Indonesia. In Ayatrohaedi (Ed.), Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Pembinaan Kesadaran dan Penjernihan Sejarah.

Busselle, M. (1983). The Encyclopedia of Photography. Octopus Books.

Daliman, A. (2012). Pengantar Filsafat Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Duchak, O. (2014). Visual literacy in educational practice. Czech-polish historical and pedagogical journal, 6(2), 41–48. Diambil dari https://journals.muni.cz/cphpjournal/article/view/15046

Hermawan, W. (2015). MENINGKATKAN APRESIASI GENERASI MUDA TERHADAP PENYEDIAAN PANGAN MELALUI PAMERAN FOTO VISUALISASI BUDAYA PANGAN DI KOTA CIMAHI. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(2).

Kartikaningsih, E. (2003). Memahami Foto Sebagai Arsip. Jurnal: Suara Badar.

Kędra, J. (2018). What does it mean to be visually literate? Examination of visual literacy definitions in a context of higher education. Journal of Visual Literacy, 37(2), 67–84. Diambil dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/1051144X.2018.1492234

Lathifah, Z. K. (2020). Literasi Visual untuk Peningkatan Kecerdasan Membaca di Era Industri 4.0. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 49. Diambil dari https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/2600

Rachmawati, I., Iriani, D., Mutohari, A. S., Awalaturrohmah Solihah, Y., & Parman, S. (2022). Seminar Makna Keindahan Dalam Visual Karya Fotografi Seni pada Pameran Seni Rupa Kuningan Biennale Niaga. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(1 SE-Articles), 36–44. Diambil dari https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/15

Rajab, M. A., & Sam, M. (2018). Festival Kuliner dan Lomba Foto Pesisir Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(2). Diambil dari http://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/260

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. Diambil dari https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/108

Setiadi, C. J. (2017). The Significance of Photography as Archives and Cultural Memory. Humaniora, 8(2), 175. Diambil dari https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3894

Sleeman, P. (2022). Dissecting the Value of Photographic Histories with the Picture Post Historical Archive. The Gale Review. Diambil dari https://review.gale.com/2022/12/20/dissecting-the-value-of-photographic-histories-with-the-picture-post-historical-archive/

Solopos.com. (2022). Tingkat Literasi Masyarakat Wonogiri Masih Rendah, Benarkah? Solopos.com.

Suryo, D. (1985). Kesadaran Sejarah. In Ayatrohaedi (Ed.), Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Pembinaan Kesadaran dan Penjernihan Sejarah.

Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai literasi visual pada pendidikan orang dewasa [Visual Literacy’s Utilization Of Social Media Instagram On Adult Education]. Jurnal AKRAB, 10(1), 71–80. Diambil dari https://jurnalakrab.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalakrab/article/view/276

Yudisetyanto, R. A., & Baut Priyambodo, Y. B. (2023). Optimalisasi Potensi Desa Preuner Sriharjo, Imogiri, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Desiminasi Literasi Visual Fotografi. Jurnal Pengabdian Seni, 4(1), 51–57. Diambil dari https://journal.isi.ac.id/index.php/JPS/article/view/9525

Downloads

Published

2024-09-21

Issue

Section

Articles