WONOGIRI TEMPO DOELOE: MENINGKATKAN LITERASI VISUAL MELALUI PAMERAN FOTOGRAFI BERNILAI HISTORIS
DOI:
https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6543Keywords:
Wonogiri, Pameran Fotografi, Storytelling, Literasi Visual, Kesadaran SejarahAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Fotografi Institut Seni Indonesia Surakarta bertujuan untuk meningkatkan literasi visual masyarakat Wonogiri pameran fotografi bernilai historis. Berdasarkan informasi dari mitra, Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Wonogiri, tingkat literasi visual masyarakat Wonogiri masih stagnan meskipun sudah terjadi peningkatan sedikit. Kenyataan ini berkorelasi dengan kesadaran sejarah masyarakat yang masih rendah. Dampaknya adalah kreativitas dan inovatif untuk memanfaatkan potensi daerah masih belum maksimal. Oleh sebab itu, tim PKM Program Studi Fotografi ISI Surakarta merancang kegiatan pameran dan diskusi fotografi bertema Wonogiri Tempo Doeloe. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahap yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi-pelaporan. Hasil kegiatan PKM adalah terlaksananya pameran dan diskusi fotografi Wonogiri Tempo Doeloe di Baturetno Kabupaten Wonogiri pada 8 September 2023. Pameran fotografi memanfaatkan teknik storytelling agar pengunjung mendapat informasi dan pengalaman berdasarkan sumber visual dan oral. Indikator keberhasilan adalah antusiasme pengunjung dalam menanggapi kegiatan pameran dan diskusi. Pengunjung mengharapkan kegiatan pameran berbasis historis dapat dilakukan secara berkelanjutan. Dengan demikian, kegiatan PKM mendatang diharapkan dapat mengajak mitra-mitra lain yang memiliki komitmen untuk mengembangkan potensi Wonogiri melalui pameran fotografi berbasis kesejarahan.
References
Alkaaf, F. (2017). Perspectives of learners and teachers on implementing the storytelling strategy as a way to develop story writing skills among middle school students. (X. Lu, Ed.)Cogent Education, 4(1). Diambil dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/2331186X.2017.1348315
Amelia, D. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING SLIDE AND SOUND. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22. Diambil dari https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/article/view/948
Arneson, J. B., & Offerdahl, E. G. (2018). Visual Literacy in Bloom: Using Bloom’s Taxonomy to Support Visual Learning Skills. (H. Sevian, Ed.)CBE—Life Sciences Education, 17(1). Diambil dari https://www.lifescied.org/doi/10.1187/cbe.17-08-0178
Budhisantoso, S. (1985). Kesadaran Sejarah Dalam Pengembangan Kebudayaan Nasional Indonesia. In Ayatrohaedi (Ed.), Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Pembinaan Kesadaran dan Penjernihan Sejarah.
Busselle, M. (1983). The Encyclopedia of Photography. Octopus Books.
Daliman, A. (2012). Pengantar Filsafat Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Duchak, O. (2014). Visual literacy in educational practice. Czech-polish historical and pedagogical journal, 6(2), 41–48. Diambil dari https://journals.muni.cz/cphpjournal/article/view/15046
Hermawan, W. (2015). MENINGKATKAN APRESIASI GENERASI MUDA TERHADAP PENYEDIAAN PANGAN MELALUI PAMERAN FOTO VISUALISASI BUDAYA PANGAN DI KOTA CIMAHI. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 4(2).
Kartikaningsih, E. (2003). Memahami Foto Sebagai Arsip. Jurnal: Suara Badar.
Kędra, J. (2018). What does it mean to be visually literate? Examination of visual literacy definitions in a context of higher education. Journal of Visual Literacy, 37(2), 67–84. Diambil dari https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/1051144X.2018.1492234
Lathifah, Z. K. (2020). Literasi Visual untuk Peningkatan Kecerdasan Membaca di Era Industri 4.0. Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 49. Diambil dari https://ojs.unida.ac.id/educivilia/article/view/2600
Rachmawati, I., Iriani, D., Mutohari, A. S., Awalaturrohmah Solihah, Y., & Parman, S. (2022). Seminar Makna Keindahan Dalam Visual Karya Fotografi Seni pada Pameran Seni Rupa Kuningan Biennale Niaga. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(1 SE-Articles), 36–44. Diambil dari https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/15
Rajab, M. A., & Sam, M. (2018). Festival Kuliner dan Lomba Foto Pesisir Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(2). Diambil dari http://journal.stiem.ac.id/index.php/resona/article/view/260
Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. Diambil dari https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/108
Setiadi, C. J. (2017). The Significance of Photography as Archives and Cultural Memory. Humaniora, 8(2), 175. Diambil dari https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3894
Sleeman, P. (2022). Dissecting the Value of Photographic Histories with the Picture Post Historical Archive. The Gale Review. Diambil dari https://review.gale.com/2022/12/20/dissecting-the-value-of-photographic-histories-with-the-picture-post-historical-archive/
Solopos.com. (2022). Tingkat Literasi Masyarakat Wonogiri Masih Rendah, Benarkah? Solopos.com.
Suryo, D. (1985). Kesadaran Sejarah. In Ayatrohaedi (Ed.), Pemikiran tentang Pembinaan Kesadaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Pembinaan Kesadaran dan Penjernihan Sejarah.
Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai literasi visual pada pendidikan orang dewasa [Visual Literacy’s Utilization Of Social Media Instagram On Adult Education]. Jurnal AKRAB, 10(1), 71–80. Diambil dari https://jurnalakrab.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalakrab/article/view/276
Yudisetyanto, R. A., & Baut Priyambodo, Y. B. (2023). Optimalisasi Potensi Desa Preuner Sriharjo, Imogiri, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Desiminasi Literasi Visual Fotografi. Jurnal Pengabdian Seni, 4(1), 51–57. Diambil dari https://journal.isi.ac.id/index.php/JPS/article/view/9525
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright and Licensing
Diseminasi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivativeWorks 4.0 International License. Allows users to copy and distribute the Article, provided this is not done for commercial purposes and further does not permit distribution of the Article if it is changed or edited in any way, and provided the user gives appropriate credit (with a link to the formal publication through the relevant DOI), provides a link to the license, and that the licensor is not represented as endorsing the use made of the work.