PENGUATAN KEMAMPUAN GURU SMK NEGERI BATUJAYA DALAM PENGEMBANGAN ASESMEN DIGITAL BERBASIS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6960Keywords:
pendidikan vokasi, asesmen digital, padlet , pembelajaran berbasis proyekAbstract
Di era teknologi seperti saat ini, seluruh praktisi pendidikan bisa mengakses sumber daya pendidikan digital, termasuk pada pendidik di sekolah menengah kejuruan (SMK). Pendidikan kejuruan sendiri memiliki kualitas yang berbeda dari jenis pendidikan lainnya. Orientasi pendidikan kejuruan adalah kesesuaiannya dengan kebutuhan dunia kerja karena bertujuan untuk mempersiapkan lulusan agar dapat bersaing dalam pasar tenaga kerja. Alangkah penting bagi guru SMK untuk melek teknologi karena kunci keberhasilan pengajaran di abad-21 adalah kemampuan menggunakan alat dan teknologi digital dengan efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah membawa perubahan paradigma tidak hanya dalam proses pembelajaran, tetapi juga mempengaruhi pelaksanaan asesmen. Dengan menyusun asesmen digital, guru SMK memperoleh berbagai kemudahan dalam mewujudkan tujuan utamanya yaitu mengukur kemampuan hasil belajar siswa berupa keahlian praktis dan mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Pelatihan pada kegiatan pengabdian ini dilakukan guna memberi edukasi kepada guru guru SMKN Batujaya yang berfokus pada pengenalan dan pengoperasian aplikasi digital untuk penerapan asesmen dalam pembelajaran berbasis proyek. Perbandingan hasil pre-survey dan post-survey pada peserta pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada responden terkait kemampuan mengembangkan asesmen digital.
References
Ariana, A. N. (2021). Digital Assessment Development Training for Teachers at MTs Muhammadiyah Manddale. Jurnal Pendidikan Kepada Mayarakat Membangun Negeri, 5(2), 185.
Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. 1–8. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9188
Dan, K., Sekolah, U., Kejuruan, M., Dalam, S. M. K., Mesin, S.-P. T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2022). PEMBELAJARAN DARING DI KABUPATEN SUMENEP Nuruzzaman Soeryanto Abstrak. 11, 68–73.
Putu Agus Mayuni, I Gede Sudirtha, Ni Ketut Widiartini, & Made Diah Angendari. (2023). Integrated Performance Assessment Instrument of Tri Hita Karana’s Priority Values in Vocational Learning. Mimbar Ilmu, 28(1), 116–123. https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59766
Riyan Afandi, M., Ramdhani, M. A., Rizky, M., Setiawan, E., Majid, A., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2022). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 552–562.
Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Berdasarkan Gaya Belajar Vark(Visual). V, SNF2016-EER-27-SNF2016-EER-32. https://doi.org/10.21009/0305010305
Sugiyanto;, & Suparno, I. (2019). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Smk. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 165–172.
Yusuf, Y., & Hidayati, A. (2023). Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Profesional Development (CPD). Jurnal Kependidikan Media, 12, 117–131. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/view/11962%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/viewFile/11962/6193
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright and Licensing
Diseminasi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivativeWorks 4.0 International License. Allows users to copy and distribute the Article, provided this is not done for commercial purposes and further does not permit distribution of the Article if it is changed or edited in any way, and provided the user gives appropriate credit (with a link to the formal publication through the relevant DOI), provides a link to the license, and that the licensor is not represented as endorsing the use made of the work.