PENGUATAN KEMAMPUAN GURU SMK NEGERI BATUJAYA DALAM PENGEMBANGAN ASESMEN DIGITAL BERBASIS PROYEK

Authors

  • Putri Kamalia Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratna Sari Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.6960

Keywords:

pendidikan vokasi, asesmen digital, padlet , pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Di era teknologi seperti saat ini, seluruh praktisi pendidikan bisa mengakses sumber daya pendidikan digital, termasuk pada pendidik di sekolah menengah kejuruan (SMK). Pendidikan kejuruan sendiri memiliki kualitas yang berbeda dari jenis pendidikan lainnya. Orientasi pendidikan kejuruan adalah kesesuaiannya dengan kebutuhan dunia kerja karena bertujuan untuk mempersiapkan lulusan agar dapat bersaing dalam pasar tenaga kerja. Alangkah penting bagi guru SMK untuk melek teknologi karena kunci keberhasilan pengajaran di abad-21 adalah kemampuan menggunakan alat dan teknologi digital dengan efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah membawa perubahan paradigma tidak hanya dalam proses pembelajaran, tetapi juga mempengaruhi pelaksanaan asesmen. Dengan menyusun asesmen digital, guru SMK memperoleh berbagai kemudahan dalam mewujudkan tujuan utamanya yaitu mengukur kemampuan hasil belajar siswa berupa keahlian praktis dan mempersiapkan mereka untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Pelatihan pada kegiatan pengabdian ini dilakukan guna memberi edukasi kepada guru guru SMKN Batujaya yang berfokus pada pengenalan dan pengoperasian aplikasi digital untuk penerapan asesmen dalam pembelajaran berbasis proyek. Perbandingan hasil pre-survey dan post-survey pada peserta pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada responden terkait kemampuan mengembangkan asesmen digital.

References

Ariana, A. N. (2021). Digital Assessment Development Training for Teachers at MTs Muhammadiyah Manddale. Jurnal Pendidikan Kepada Mayarakat Membangun Negeri, 5(2), 185.

Beltrán-Martín, I. (2019). Using Padlet for collaborative learning. 1–8. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9188

Dan, K., Sekolah, U., Kejuruan, M., Dalam, S. M. K., Mesin, S.-P. T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Mesin, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2022). PEMBELAJARAN DARING DI KABUPATEN SUMENEP Nuruzzaman Soeryanto Abstrak. 11, 68–73.

Putu Agus Mayuni, I Gede Sudirtha, Ni Ketut Widiartini, & Made Diah Angendari. (2023). Integrated Performance Assessment Instrument of Tri Hita Karana’s Priority Values in Vocational Learning. Mimbar Ilmu, 28(1), 116–123. https://doi.org/10.23887/mi.v28i1.59766

Riyan Afandi, M., Ramdhani, M. A., Rizky, M., Setiawan, E., Majid, A., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2022). Tantangan dan Strategi dalam Menggunakan Assessment untuk Meningkatkan Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 552–562.

Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Berdasarkan Gaya Belajar Vark(Visual). V, SNF2016-EER-27-SNF2016-EER-32. https://doi.org/10.21009/0305010305

Sugiyanto;, & Suparno, I. (2019). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Ict Bagi Guru Smk. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 165–172.

Yusuf, Y., & Hidayati, A. (2023). Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Profesional Development (CPD). Jurnal Kependidikan Media, 12, 117–131. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/view/11962%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/media/article/viewFile/11962/6193

Downloads

Published

2024-09-21

Issue

Section

Articles