PELATIHAN DARING STRATEGI PENGAJARAN SAKUBUN BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR DALAM MEMANFAATKAN AI SEBAGAI MEDIA BELAJAR

Authors

  • RAHMA ALIFAH Universitas Darma Persada
  • Hargo Saptiaji Universitas Darma Persada
  • Indun Roosiani Universitas Darma Persada

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i1.7475

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tambahan untuk para pengajar bahasa asing, khususnya bahasa Jepang dalam melakukan pengajaran dan memberikan feedback yang tidak menguras waktu, tenaga, dan pikiran saat proses penilaian pada mata pelajaran mengarang atau sakubun. Kegiatan PkM ini dilaksanakan pada tanggal 13 Mei dan 10 Juni 2023 pada pukul 13.00 WIB, dengan metode pelatihan daring menggunakan platform zoom. Sekitar 20 orang guru mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ilmu tambahan kepada para guru dalam melaksanakan pengajaran mata pelajaran sakubun dan memberikan feedback pada hasil sakubun siswa agar tidak terlalu memakan banyak waktu, tenaga, dan pikiran dengan penggunaan template sakubun. Lalu dipaparkan juga penggunaan berbagai macam AI. Kegiatan kali ini hanya mencotohkan penggunaan google slide, lalu para peserta diajak untuk mencoba mengerjakan template yang ada di google slide dengan berdiskusi di breakout room. Dalam penggunaan google slide, secara otomatis akan dikoreksi secara gramatikal, sehingga guru tidak hanya fokus kepada kesalahan gramatikal. Selanjutnya, untuk lebih meringankan pengajar dalam memberikan feedback, penulis menyarankan untuk dibuatkan template sakubun terlebih dahulu, sehingga siswa lebih mudah mengerjakannya dan guru juga lebih ringan mengoreksi hasilnya.

 

This community service (PkM) activity aims to provide additional knowledge for foreign language teachers, especially Japanese in teaching and providing feedback that does not drain time energy, and thoughts during the assessment process in the subject of writing or in Japanese is sakubun. This PkM activity was hold on May 13 and June 10, 2023 at 13.00 WIB, by online training method using the zoom platform. about 20 teachers participated in this activity. This activity aims to provide additional knowledge to teachers in teaching sakubun subjects and providing feedback on student sakubun results so that it does not take too much time, energy, and thoughts by using sakubun template. the use of various AIs was also explained. This activity only exemplifies the use of google slides, then the participants are invited to try to work on the template in google slides by discussing in the breakout room. In using google slides, it will automatically be corrected grammatically, so that teachers do not only focus on grammatical errors. Furthermore, to make it easier for teachers to give feedback, the author suggests making sakubun templates in advance, so that students are easier to work on and teachers are also lighter to correct the results.

References

Azmil, A., Hasan, N. H., Roy, M. S., Daliana, F., Lely, M., & Nadi, S. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to Philosophy of "Merdeka Belajar". Studies In Philosophy Of Science And Education.

Aras, B., Belgin, A., Ayse, T., & Eylem, K. (2016). Improving creative writing skills of EFL learners through microblogging. The Online Journal of New Horizon in Education, 88-98.

Fareed, M., Ashraf, A., & Bilal, M. (2016). ESL Learners' Writing Skills: Problems, Factors and Suggestions. Journal of Education and Social Science, 4, 81-92.

Rusmiyati. (2021). Faktor Kesulitan Menulis Sakubun Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Omiyage, Vol. 4 page 15-23.

Idham, S. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 17 No.1.

Runtuwarouw, J. J. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Jepang Melalui Model Pembelajaran Workshop. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Jepang Vol. 2 No.2 , 168-184.

Yustinus, C. G. (2022). Pelatihan Daring Tentang Pengintegrasian Teknologi Dalam Suatu Kelas Bahasa Inggris . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4 No 2, 206-212.

Veysa, M., Entika, F. P., & Wiyaka. (2021). Improving English Writing Skill by Utilizing Quizizz as a Technology-Based Assessment. Journal Linguamedia Vol 2 No 2.

Hari, S., & Artadi, A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Memo dan Line dalam Mata Kuliah Sakubun. Seminar Nasional Bahasa Jepang (MINASAN) Vol 1, (pp. 43-59). Padang.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles