PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN AL QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QIRO’ATI DI TPA AL AMIN DESA BRAHU KECAMATAN SIMAN

Authors

  • Mahmud Rifaannudin Universitas Darussalam Gontor
  • Deki Ridho Adi Anggara Universitas Darussalam Gontor
  • Muhammad Djaya Aji Bima Universitas Darussalam Gontor
  • Salman Al Farizi Universitas Darussalam Gontor
  • Sulthon Haidar Raif Universitas Darussalam Gontor
  • Gibran Athaya Syura Pratama Universitas Darussalam Gontor
  • Yogi Banar Sasongko Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.7901

Keywords:

Pendampingan TPA, Pembelajaran Al-Quran, Metode Qiro’ati

Abstract

Pembelajaran Al-Quran di Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) merupakan aspek penting dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk memperkuat iman dan memperdalam pemahaman ajaran Islam. Metode pembelajaran yang digunakan, seperti metode Qiro’ati, memerlukan pendampingan yang efektif untuk memastikan kesuksesannya. Penelitian ini dilakukan di TPA Al Amin Desa Brahu Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Quran melalui pendampingan dengan metode Qiro’ati. Langkah-langkah pengabdian masyarakat meliputi penilaian awal, perencanaan program, pengembangan materi, pelaksanaan program, pemantauan dan evaluasi, pemantapan dan diseminasi, serta monitoring dan tindak lanjut. Hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan santri atau peserta didik dalam membaca Al-Quran, motivasi belajar, dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya pendampingan dalam pembelajaran Al-Quran di TPA serta peran guru TPA dalam menyelenggarakan program pendampingan. Selain itu, pengembangan materi, evaluasi, dan diseminasi hasil merupakan faktor kunci keberhasilan program. Diharapkan hasil penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Quran yang lebih efektif dan berkelanjutan di masa mendatang.

Kata Kunci: Pendampingan TPA, Pembelajaran Al-Quran, Metode Qiro’ati,

References

Anwar, Khoirul. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi

pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Pengabdian Pendidikan Islam, 1(2), 31–38.

Bafadhol, Ibrahim. (2017). Lembaga pendidikan islam di indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14.

Djaelani, Moh Solikodin. (2013). Peran pendidikan agama Islam dalam keluarga dan masyarakat. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(2), 100–105.

Fitrah, Muh. (2018). Metodologi Pengabdian: Pengabdian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Huliyah, Muhiyatul. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60–71.

Rukin, S. Pd. (2019). Metodologi Pengabdian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia. Yayasan Amhar Cendikia Indonesia

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles