LEARNING BY DOING HIDROPONIK DARI WARGA UNTUK WARGA

Authors

  • Eka Wirajuang Daurrohmah
  • Hendrian Universitas Terbuka
  • Anton Robiansyah Universitas Terbuka
  • Nindya Farah Dwi Puspitasari Universitas Terbuka
  • Antares Firman Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v6i2.8879

Keywords:

Learning by Doing, Pelatihan, Hidroponik

Abstract

Kompleks Bukit Pamulang Indah merupakan kompleks yang penduduknya aktif dalam kegiatan bermasyarakat. Salah satu kegiatan yang dapat memberikan manfaat kepada warga adalah dengan memberikan kegiatan pembelajaran. Penting untuk selalu terbuka terhadap kesempatan untuk belajar dan meningkatkan diri, baik melalui pendidikan formal atau informal. Belajar sambil praktik dapat membantu mengatasi masalah ketika seseorang kesulitan memahami konsep secara teoretis. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pelatihan kepada masyarakat adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan memperoleh keterampilan. Metode ditawarkan oleh tim PkM adalah pelatihan praktek hidroponik. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan PkM tahun sebelumnya yang berupa perancangan taman belajar online terbuka yang berisi content pembelajaran. Salah satu content pembelajaran tersebut berupa pembelajaran hidroponik. Hasil dari kegiatan ini yaitu telah dipahaminya materi hidroponik dan dapat dilaksanakannya pelatihan hidroponik oleh peserta pelatihan.

References

Colombelli, A., Panelli, A., & Serraino, F. (2022). A Learning-by-Doing Approach to Entrepreneurship Education: Evidence from a Short Intensive Online International Program. Administrative Sciences, 12(16), 1–27. https://doi.org/10.3390/admsci12010016

Daurrohmah, E. W., Hendrian, Puspitasari, N. F. D., & Robiansyah, A. (2022). Perancangan Taman Belajar Online Terbuka di Bukit Pamulang Indah RW 09/013. Capacitarea: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pancasila, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.30874/capacitarea.2022.1

Fadhli, R. (2021). Implementasi kompetensi pembelajaran sepanjang hayat melalui program literasi di perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 19. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000

Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 190–207.

Kempf, E. A. M. O. S., van Binsbergen, J., de Jong, F., Driessen, J., Edelen, R., Engelberg, J., Fahlenbrach, R., Frehen, R., Gonçalves-Pinto, L., Griffin, J., Grinblatt, M., Gromb, D., Ivkovi, Z., Kahraman, B., Kacperczyk, M., Kaplan, S., Keloharju, M., Kempf, A., Koijen, R., & Weigert, F. (2017). Learning By Doing: The Value Of Experience And The Origins Of Skill For Mutual Fund Managers. https://ssrn.com/abstract=2124896

Robani, M. E., Rachim, F. A., Febriani, A., & Rizqi Fitri, E. A. (2021). Metode Learning By Doing dalam Mengoptimalisasi Kualitas Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles