PENGGUNAAN REGRESI STEPWISE UNTUK MENENTUKAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI SANTRI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS SMK IBNU CHOLIL BANGKALAN)
Keywords: islamic boarding, perguruan tinggi, pesantren, regresi stepwise, stepwise regression, university
Abstract
People of Bangkalan in Madura Island, as the area closest to the Metropolitan Municipality of Surabaya, have low level of awareness of education, Evidence showed that many students were reluctant to continue their education to a higher level. It is because social culture and economic factors of the student. This research reviewed the motivation of santri boarding (Islamic Student) to continue their study into college from economic aspects so we can know the factors affecting the motivation of students to continue their studies into college.The study was conducted in SMK Ibn Cholil Bangkalan by collecting data through questionnaires. The data collected were analysed stepwise regression method, the result stated that only the father's occupation variable has significant influence.The higher the father's occupation, the greater the need for students to continue their studies to university.
Masyarakat Kabupaten Bangkalan, sebagai wilayah terdekat Pulau Madura dengan Kota Metropolitan Surabaya, mempunyai tingkat kesadaran akan pendidikan yang masih sangat rendah yang dibuktikan dengan banyaknya siswa yang enggan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan kondisi sosial budaya dan faktor ekonomi dari siswa yang bersangkutan. Dalam penelitian ini dikaji motivasi santri untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dari segi ekonomi sehingga diketahui faktor yang mempengaruhi motivasi santri untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian dilakukan di SMK Ibnu Cholil Kabupaten Bangkalan dengan pengambilan data melalui kuesioner. Analisa dilakukan dengan menggunakan regresi Stepwise menghasilkan bahwa hanya variabel pekerjaan ayah yang mempunyai pengaruh signifikan. Semakin tinggi pekerjaan ayah, semakin besar pula keinginan siswa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Downloads
References
Draper, N. R., & Smith, H. (1998). Applied regression analysis (Third ed.). New York: Wiley.
Kharisma, N., & Latifah, L. (2015). Pengaruh Motivasi, Prestasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi Di SMK Negeri Se-Kota Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 833-846.
Sari, I. P. (2013). Analisis minat siswa sma ibrahimy sukorejo melanjutkan ke iaii sukorejo menggunakan regresi logistik biner dan multi korespondensi. Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Departemen Statistika, Bogor.
Sugiarti, S. (2010). Motivasi wali santri menyekolahkan anaknya di pondok pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Program Studi Pendidikan Islam , Surakarta.
Sukarno, M. (2015). Dikhotomi pendidikan umum versus agama dan reproduksi masyarakat santri. Dipetik Desember 12, 2016, dari http://kependudukan.lipi.go.id/id/kajian-kependudukan/pendidikan/241-dikhotomi-pendidikan-umum-versus-agama-dan-reproduksi-masyarakat-santri.
Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (2012). Probability & statistics for engineers & scientists (9 ed.). USA: Pearson Eduaction, Inc.