ANALISIS KAUSAL MASA STUDI MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNIVERSITAS ANDALAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE CART
Keywords: masa studi, Metode CART, length of study, CART Method
Abstract
To provide a quality and sustainable education, each study program needs to evaluate the effectiveness and productivity of education, one of which is using indicator of the length of the study. The length of study is influenced by various factors. In this study observations and evaluations of the factors affecting the study period of students of Study Program of Mathematics at Andalas University were conducted by using CART (Classification and Regression Tree) method. The results showed that the most significant factor influencing the length of the study is the Grade Point Average (GPA). Students with high GPA will have a higher chance of graduating on time. Another factor influencing the length of the study is student achievement during high school. Students who consistently perform well (always get the highest rank) when in high school have a high chance of graduating on time. The analysis also showed that students who joined the organization while in high school had a higher chance of graduating on time than those who did not participate. The interesting thing is the students who choose the Study Program of Mathematics at Andalas University as the third choice had a higher chance of graduating on time than the students who choose it as the first or second choice.
Dalam upaya menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan, maka setiap program studi perlu melakukan evaluasi terhadap efektifitas dan produktivitas pendidikan, salah satunya dengan menggunakan indikator masa studi. Masa studi mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Andalas dengan menggunakan metode CART. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling signifikan mempengaruhi masa studi mahasiswa adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Mahasiswa dengan IPK tinggi akan mempunyai peluang lulus tepat waktu lebih tinggi. Faktor lain yang berpengaruh adalah prestasi mahasiswa sewaktu SMA. Mahasiswa yang konsisten berprestasi baik (selalu juara) ketika SMA mempunyai peluang yang tinggi untuk lulus tepat waktu. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti organisasik etika SMA mempunyai peluang lulus tepat lebih tinggi dibandingkan yang tidak ikut organisasi. Suatu hal yang cukup menarik adalah berdasarkan urutan pilihan ketika memasuki perguruan tinngi, kelompok mahasiswa yang memilih Program Studi Matematika Universitas Andalas sebagai pilihan ketiga justru memiliki peluang lulus tepat waktu yang lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang memilih matematika sebagai pilihan pertama atau kedua.
Downloads
References
Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa, Jurnal Ilmu. UPT P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 246–251.
Breiman, L., Friedman, J.H., Olshen, R.A., & Stone. (1984). Classification and regression tree. New York, Chapman and Hall.
Febrilia, B. R. A., Rahayu, S., & Korida, B. D. (2016). Ordinal logistic regression analysis of factors affecting the length of student study. Jurnal Mantik, 5(1), 28-34.
Lewis, R. J. (2000). An introduction to classification and regression tree (CART) analysis. The 2000 Annual Meeting of the Society for Academic Emergency Medicine. California.
Samekto,D., Syafrudie, H. A., & Sutrisno. (2014). Kecenderungan lama studi dan prestasi belajar mahasiswa jalur reguler dan non-reguler program studi pendidikan teknik bangunan. Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, 37(2), 153-166.
Wahyudin, D. (2006). Pengaruh kemampuan akademik dan jenis kelamin terhadap lamanya studi mahasiswa menggunakan metode regresi linier berganda. Skripsi. Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pakuan, Bogor.